Tugas kelompok II
“POLITIK DAN PEMERINTAHAN ASIA TENGGARA”
POLITIK DAN PEMERINTAHAN SINGAPURA
OLEH:
ICA CAHAYANI
SITTI NUR SHOLEHA
EGY DESTYANDARY
FITRIADI
AYU ANGGRAENI
JURUSAN HUBUNGAN
INTERNASIOANAL
FAKULTAS ILMU SOSISAL
DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS HALU OLEO
KENDARI
2017
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Politik dan pemerintahan Asia Tenggara merupakan
salah satu mata kuliah yang mempelajari tentang sistem politik dan pemerintahan
negara-negara Asia tenggara dan mencari alasan terbentuknya kawasan (Region of ASEAN). Dalam sebuah
oragnisasi kawasan akan pasti adanya persamaan yang menyebabkan kawasan itu bia
terbentuk juga mempunyai kepentingan. Singapura merupakan salah satu negara
anggota ASEAN dan juuga merupkan negara pendiri ASEAN pada tahun 1967.
Keterlibatan Singapura dalam kawasan ASEAN merupakan asset yang sangat besar
bagi ASEAN meskipun singapura awalnya merupakan negara yang meiliki kosndisi
yang sangat miskin, tidak memiliki sumber daya alam.
Dalam melihat prospek perkembangan singapura dan
perannya yang sangat baik bahkan dia perah menajdi negara paling kaya dengan
pendapatan tertinggi dunia menyaingi jepang, dan swiss. Negara singapura
merupakan negara yang merdeka dari kedaulatan Malaysia. Singapura merupakan negara
yang memiliki sistem politik dan pemerintahan yang berbeda dengan anggota ASEAN
lainnya.
1.2
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belankang diats maka muncul
pertanyaan sebagai berikut:
1.
Bagaiamana sistem politik dan
pemerintahan singapura?
2.
Bagaimana peran singapura dalam kawasan
ASEAN?
1.3. TUJUAN
Sesuai dengan pertanyaan diatas maka tujuan di buat
makalah ini sebagai berikut:
1.
Untuk mengetahui peran singapura dalam
kemajuan kawasan ASEAN.
2.
Untuk mengetahui perbandingan perkembangan
dengan negara ASEAN lainnya.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 PPROFIL
SINGAPUR SECARA SINGKAT
Singapura
adalah salah satu negara anggota ASEAN dan merupakan negara pulau yang terletak
di ujung selatan Semenanjung Malaya. Negara yang merdeka pada tahun 1965 ini memiliki
luas hanya sekitar 710 km² (ke-187) dan berpenduduk lebih dari 5
juta orang, menjadikannya sebagai salah satu negara terpadat di dunia.
Singapura telah berhasil menempatkan dirinya sebagai salah satu negara dengan
perekonomian maju. Pada tahun 2010, Singapura memiliki PDB(KKB) per
kapita sebesar 52.839 dollar . Singapura adalah pusat keuangan terdepan
keempat di dunia dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran
penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan Singapura
adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia. Dari sektor pariwisata,
jumlah kedatangan total mencapai 10,2 juta orang tahun 2007. Dasar
perekonomian Singapura berbasis pada pilar kembar yakni manufaktur dan sektor
pelayanan . Industri manufaktur di seluruh bidang eletronik, teknik kimia,
engineering, serta biomedical manufacturing menyumbang hampir 24.3% dari total
GDP Singapura pada tahun 2003. Selain itu di sektor pelayanannya, berorientasi
pada perdagangan wholesale and retail, pelayanan keuangan, dan bisnis yang
masing-masing berkontribusi hingga 13%, 10.5%, 13.5% dari total GDP tahun 2003
(Cahyadi et al. 2004, 8-22). Di sektor militer, meski ukurannya kecil,
Singapura memiliki salah satu pasukan militer paling maju di Asia Tenggara.
Dalam
kawasan ASEAN, singapura dapat menempati posisi Core State maupun Peiphery
state tergantung dari berbagai perspektifnya. Jika dilihat dari perspektif
ekonomi, singapura dapat dikategorikan sebagai Core State, mengingat Singapura telah berhasil menempatkan
dirinya sebagai salah satu negara dengan perekonomian paling maju di kawasan
ASEAN yang notabene negara anggota lainnya masih merupakan negara berkembang.
Dilihat dari perspektif Demokrasi, singapura dapat dikategorikan sebagai
Periphery State karena pada kenyataannya singapura merupakan negara yang
otoriter jika dilihat dari sistem hukumnya. Dilihat dari mayoritas penduduknya
yang 74% adalah masyarakat yang ber etnis Tiongkok di tengah-tengah kawasan
negara-negara ASEAN yang mayoritasnya adalah etnis melayu, singapura dapat
dikategorikan sebagai Periphery state.
Dari sektor militer, singapura memiliki angkatan militer yang paling maju se
Asia Tenggara (berdasarkan kekuatan SDA, manusia, keuangan & geografi) maka
singapura dapat dikategorikan sebagai Core
State
2.2
SEJARAH POLITIK LUAR NEGERI
Singapura adalah sebuah negara kecil ditinjau dari
ukuran geografi serta sumbr daya
alamnya. Negara yang usianya relative baru ini berada di tengah negara-negara
tetangga yang penduduknya mayoritas etnis melayu. Negara-kota ini mayoritas
penduduknya adalah etnis China. Singapura dengan demikian senantiasa merasa
dintara kawasan yang tidak menentu. Kondisi ini tidaklah menentukan konsepsi
keamanan nasional. Kemanan nasional
singapura tidak dapat dilepaskan dari pertimbangan para penagmbil keputusan
terhadap wilayah, stabilitas politik domestic, dan pertumbuhan ekonomi.
Kesatuan wilayah adalah persoalan paling mendasar
para pemimpin singapura yang banyak didominasi oleh partai gerakan rakyat (PAP)
mengingat asal usul kemerdekaan singapura. Sejakn 1965 singapura memisahkan
diri dari Malaysia dan dalam waktu dua bulan dalam waktu di tahun yang sama
menjadi anggota PBB. Sekalipun Malaysia tidak mengakui keberadaan singapura
sebagai negara yang berdaulat.
Mentalitas membentuk dasar politik luar negeri
singapura. Invansi Vietnam kamboja tentang kerasnya pemerintahan singapura. Singapura
menghormati salah satu prinsip ASEAN untuk tidak mencampur urusan dalam negeri
negara lain. sudah tentu perlu diingat bahwa invansi tersebut di dukung penuh
oleh AS sehingga tidak mungkin singapura yang cukup dekat terpengaruhi dengan itu. Rezim PAP memandang politik dalam
negeri sebagai persoalan yang sangat mendasar bagi kelangsungan kehidupan
negara kota Singapura. Perdana menteri singapura Lee Kuan Yew menjadikan PAP
sebagai partai tunggal sebagai satu-satunya modal paling penting untuk
mengendalikan politik domestic. Dengan demikian kelangsungan kehidupan politik
singapura sangat ditentukan oleh
dominasi PAP dalam setiap pemilihan umum dari tahun 1959-1997. Di samping itu
dominasi etnis china di Singapura. Membuat partai tunggal menjadi sangat
penting. Bahkan jauh lebih penting dari demokrasi mengingat besarnya sentiment
anti-cina di negara teteangga.
Unsur mendasar ketiga bagi kalangan singapura adalah
pertumbuhan politik dan pembangunan ekonominya. Sebagai sebuah negara tidak
memiliki sumber daya alam Singapura bahkan mengimpor air dari Malaysia. Dalam
konteks ini Singapura benar-benar miskin. Untuk menjamin kelangsungan hidupnya
perekonomian di arahkan untuk menguasai pasar luar negeri,menarik sebanyak
mungkin investasi asing dan menciptakan tenaga terampil untuk mendukung potensi
pasar. Focus pembangunan ekonomi dan perdagangan internasional dan dominasi
etnis china memerlukan kebijakan yang tidak banyak mendapat perlawanan. Oleh
karena itu singapura menutup pintu bagi partisipasi politik terbuka (sebagaimana
di negara demokrasi maju) dan menindas oposisi agar pertumbuhan dan pembangunan
ekonomi menjadi anadalan bagi kemajuan bangsa.
Para pengambil keputusan singapura memandang ada beberapa
hal yang merupakan ancaman potensial bagi dasar-dasar keamanan negara. Ancaman
sangat berpotensi menghalangi kelangsungan hidup negara kota. Sebagai negara
kecil dan miskin sumber daya alam singapura di tuntut mmapu merinci dengan
jelas bentuk-bentuk ancaman. Potensi utama di asumsikan akan dating dari
lingkup geografi yang menempatkan singapura dalamnya. Indonesia dan Malaysia
sebagai dua negara yang secara geografi jauh lebih besar dan didominasi etnis
melayu yang senantiasa menimbulkan kekhawatiran bagi para pemimpin singapura.
Mereka selau menyadari bahwa negaranya adalah negara kecil dan mayoritas
penduduknya keturunan china. Perbedaan pendapat dengan Malaysia dan Indonesia
silih berganti mewarnai hubungan singapura dengan kedua negara tetangganya.
Kehadiran presiden Israel Chaim herzong ke singapura sampai menimbulkan protes
rakyat Malaysia karena dianggap tidak peka terhadap kethatinan orang islam
terhadap palestina.
Disamping itu para elit PAP kkhawatir dengan
agresivitas Vietnam di Indo China. Kecenderungan berpikir tidak segera berhenti
karena walaupun akhirnya konflik kamboja dapat terselesaikan karena kepergian
uni soviet dari Cam Ranh Bay menimbulkan persoalan yakni apakah amerika akan
kembali hadir di Asia Tenggara di tengah
paling ambisius. Kekhawatiran terhadap China membuat singapura terlambat
membuka hubungan dengan China.
Sampai pada tahun 1980-an ancaman lain yang selalu
menjadi perhatian para elit PAP adalah gerakan komunis terhadap Malaysia dan
didukung oleh China. Ancaman ini mulai memudar sejak partai komunis Malaysia
membubaran diri seiring dengan bubarnya uni soviet sebagai benteng komunis
dunia. Komunsi menjadi tidak relevan bagi pengambil keputusan di Malaysian
maupun singapura. Berakhirnya perang dingin diluar dugaan negara-negara ASEAN,
membuka pintu bagi kemunculan isu-isu hak asasi manusia dan demokrasi yang dilancarkan
Amerika. Kebijakan hak asasi manusia Amerika menimbulkan ancaman tersendiri
bagi singapura yang memang tidak mungkin menghindarkan diri dari tuduhan
tersebut karena PAP merupakan bentuk partai dominan. Disamping itu, singapura
juga merupakan undang-undang keamanan dalam (Internal
Security Act) yang memungkinkan pemerintah menyalagunakan kekuasaan demi
kepentingan rezim yang berkuasa. Potensi
keamanan lain dalah perekonomian singapura yang tergantung pada perdagangan
inteanasional,di samping bergantung pada pelanggaran interansional, disamping
ketergantungan air pada Malaysia dan Indonesia. Sebagai negara miskin sumber
daya alam singapura berusaha keras untuk dapat menjadi pemain inti dalam pemain
inti dalam sistem perdagangan interansional.
Dalam bidang bidang keamanan singapura.
Angkatan Bersenjata(SAF) Singapura merupakan lapisan pertama dari
kebijakan keamanan singapura membangun angkatan bersenjata yang dapat mecapai
kemenangan dalam waktu singkat. Untuk bidang persenjataan Singapura unggul dibandingkan
denga negara anggota ASEAN lainnya sekalipun terbatasnya lahan untuk latihan
militer Singapura harus bekerjasama dengan negara-negara tetangganya untuk
latihan militer.
Untuk memperkuat posisi yang lemah secra fisik Singapura
juga menjalin hubungan keamanan yang erat amerika yang diyakini Lee Kuan Yew
sebagai negara ramah dan bersahabat. Oleh karena itu menjelang penutupan basis
militer AS di philipina, singapura cerdik mendekati AS dan membuka peluang bagi
semacam basis militer sederhana. Ketergantungan Singapura pada investasi
perdagangan interansional menjadikan hubungan dengan negara tersebut sangat
agresif dalam mengembangkan sayap ekonomi domestic dan interansional. Bahkan
untuk memeperkuat sayap ekonominya, Singapura sangat agresif pula mendorong
ASEAN Free Trade Area dan APEC.
Kesungguhan singapura melebarkan sayap ekonomi internasionlnya di buktikan
dengan menjadikan singapura sebagai kantor APEC. Berbagai uasaha yang dilakukan
PAP menjadikan singapura sebagai negara paling makmur dibandingkan dengan
negara anggota ASEAN lainnya. Tahun 1997 singapura menjadi negara terkaya ke
empat di dunia setelah swiss, jepang dan norwegia.
Untuk mendorong keberhasilan ekonominya PAP
mengurangi peluang peningkatan partiispasi politik warga. Oposisi ditekan
secara sistematis, pegawai negeri sipil di koordinasi agar menjadi apolitisi
dan mendukung penuh program-program pemerintah, semua kelompok sipil yang
berada di luar pemerintah harus tunduk pada pemerintah. Sebagai gantinya
pemerintah singapura menyediakan layanan jaminan yang sangat bagus bagi warga
ngranya. Jadi walaupun hak-hak politiknya di batasi, pemerintah konsekuen
menyediakan berbagai kebutuhan rakyat Singapura.[1]
2.1.1 Kebijankan
Perdana Menteri Baru Dalam Sistem Polugri Singapura
Halimah
Yacob dilantik menjadi perempuan pertama
yang dilantik menjadi Presiden Singapura di Istana, Rabu, 13 September 2017.
Halimah juga orang Melayu pertama yang menduduki jabatan Presiden
Singapura dalam 47 tahun terakhir. Beliau menjadi satu-satunya kandidat
yang memenuhi syarat untuk pemilihan presiden tahun ini. Kantor Perdana Menteri
Singapura mengumumkan, Halimah resmi dilantik sebagai Presiden Ke-8 Singapura.
Markas
Besar Rakyat, pusat pencalonan yang ditunjuk untuk pemilihan, menjadi lautan
oranye saat sekitar 1.000 anggota serikat pekerja, warga, dan pendukung yang
mengenakan warna kampanyenya. Mereka berkumpul untuk mendukung Halimah menjadi
presiden Melayu pertama di Singapura dalam 47 tahun terakhir. Sebelum Halimah terpilih, Presiden Yusof Ishak
adalah presiden pertama Singapura. Ia juga satu-satunya orang Melayu yang memegang jabatan
tersebut sampai dia meninggal dunia pada 1970. Yusof adalah Presiden Singapura
pada periode 1965 sampai 1970, tahun-tahun pertama kemerdekaan Singapura
menyusul penyatuan yang berlangsung singkat dengan negara tetangga Malaysia.
Namun, kekuasaan eksekutif pada saat itu terletak pada Lee Kuan Yew, perdana
menteri pertama negara tersebut.
Pemisahan
Singapura dari Malaysia menjadikan etnis Melayu sebagai ”mayoritas yang nyata”
di Malaysia. Sementara etnis Tionghoa membentuk mayoritas di Singapura yang
independen. Pemilu presiden tahun ini diperuntukkan bagi orang-orang Melayu
dalam upaya memastikan perwakilan multiras. Ini setelah Parlemen Singapura
beralih ke perubahan undang-undang pada skema Kepresidenan Terpilih, Selain Halimah, dua calon lainnya chief executive Second Chance Properties
Mohamed Salleh Marican dan Ketua Penyedia Jasa Kelautan Bourbon Offshore Asia Pacific.
Halimah
mengatakan bahwa pemilihannya menunjukkan "betapa positifnya Singapura
dalam menerapkan multirasialisme". Berikut Isi Pidato Halima:
"Saya
berdiri di hadapan Anda sebagai presiden Melayu kedua dalam sejarah negara ini.
Saya percaya bahwa ini adalah momen yang membanggakan bagi Singapura karena
tumbuhnya multikulturalisme dan multirasialisme dalam masyarakat kita. Hal
tersebut menunjukkan bahwa multirasialisme bukan sekadar slogan, tetapi sesuatu
yang baik untuk kita katakan dan kita dengar. Berarti benar terjadi di
masyarakat kita bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk (menempati) posisi
tertinggi di negeri ini” Dia juga berbicara tentang posisinya sebagai presiden
wanita pertama di Singapura. "Itu menunjukkan bahwa ini bukan hanya
tokenisme, bahwa ketika kita membicarakan keragaman gender, kita tidak hanya
meneriakkan slogan.
[2]
2.3
SISTEM PEMERINTAHAN
Sistem
pemerintahan Singapura adalah sistem demokrasi parlementer dengan model
westminder. Bentuk negara Singapura adalah parlementer demokratis perwakilan
republik. Kepala negara Singapura adalah Presiden. Pemerintahan dijalankan
kabinet yang dipimpin oleh Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan. Singapura menjalankan sistem multi partai.
Kekuasaan eksekutif dilaksanakan oleh kabinet. Kabinet memiliki kewenangan
mengendalikan pemerintahan dan bertanggung jawab secara kolektif kepada
Parlemen. Seperti kebanyakan negara di dunia saat ini, terdapat tiga cabang
terpisah dari kekuasaan pemerintahan yaitu legislatif, eksekutif, dan
yudikatif. Namun, hal tersebut tidak berarti bahwa ada pemisahan kekuasaan di
Singapura.
2.3.1 Sejarah
Sistem
Pemerintahan Singapura
Politik di Singapura telah didominasi oleh People’s Action Party (PAP) sejak
pemilihan umum 1959 ketika Lee Kuan Yew menjadi perdana menteri pertama
Singapura (ketika Singapura memiliki pemerintahan sendiri dalam Kerajaan
Inggris). PAP telah menguasai pemerintahan dan memenangkan setiap pemilu sejak
itu. Singapura meninggalkan Persemakmuran Inggris pada tahun 1963 untuk
bergabung dengan Federasi Malaysia, namun diusir dari Federasi pada
tahun 1965 setelah Lee Kuan Yew tidak setuju dengan pemerintah federal di Kuala
Lumpur. Analisa dari politik luar negeri dan beberapa partai oposisi termasuk Workers’ Party of Singapore dan Singapore Democratic Party (SDP)
berpendapat bahwa Singapura secara de facto merupakan negara dengan satu
partai.
Economist Intelligence Unit mengklasifikasikan Singapura
sebagai negara “hybrid”, dengan
elemen otoriter dan demokratis. Freedon
House tidak menganggap Singapura sebagai negara “demokrasi elektoral” dan
mengkategorikan Singapura sebagai “tidak sepenuhnya bebas”. Reporters Without Borders menempatkan
Singapura di peringkat 140 dari 167 negara dalam Indeks Kebebasan Pers 2005.
Hal
tersebut membuat PAP dituduh telah memperkerjakan penyensor, persengkongkolan,
dan mengajukan gugatan perdata terhadap oposisi atas pencemaran nama baik atau
fitnah untuk menghambat keberhasilan mereka. Beberapa mantan dan anggota
oposisi, seperti Francis Seow, JB Jeyaretnam, dan Chee Soon Juan menganggap
pengadilan Singapura menguntungkan pemerintah dan PAP karena kurangnya
pemisahan kekuasaan. Namun ada tiga kasus dimana pemimpin oposisi Chiam See
Tong menggugat menteri PAP atas pencemaran nama baik.
Sistem
pemerintahan di Singapura mirip dengan Inggris. Presiden ibaratkan ratu Inggris
yang hanya sebagai jabatan seremonial (formalitas). Namun, presiden diberi
kehormatan sebagai pemegang keputusan kunci di Singapura. Dalam sistem politik
Singapura, perdana menteri adalah pemegang kekuasaan pemerintahan. Sama persis
dengan apa yang terjadi pada sistem pemerintahan Inggris.
2.3.2 Iklim
Politik Singapura
Meski
dominan dalam kegiatannya, pemerintahannya bersih dan bebas korupsi. Singapura
secara konsisten telah dinilai sebagai negara yang paling bersih dari korupsi
di Asia dan masuk ke daftar sepuluh negara terbersih dari korupsi di dunia oleh
Transparency International. Indikator
pemerintahan Bank Dunia juga menilai baik Singapura dalam aturan hukum,
pengendalian korupsi, dan efektivitas pemerintahan. Namun banyak yang
menganggap bahwa Singapura kurang baik dalam hal proses politik, kebebasan
sipil dan politik, serta hak asasi manusia yang kurang.
Meskipun
hukum di Singapura diwariskan dari hukum Inggris, PAP secara konsisten menolak
nilai-nilai demokrasi liberal yang identik dengan budaya Barat dan menyatakan
bahwa tidak boleh ada solusi “satu ukuran memuat semuanya” untuk demokrasi.
Hukum telah membatasi kebebasan berbicara yang dimaksudkan untuk melarang
berbicara yang mungkin untuk berniat buruk atau menyebabkan ketidakharmonisan
dalam masyarakat Singapura yang multi agama dan multi ras.
Sebagai
contoh, pada bulan September 2005, tiga orang blogger dihukum karena komentar
hasutan pada artikel rasis yang menargetkan minoritas. Beberapa pelanggaran
dapat menyebabkan denda berat atau cambuk dan ada undang-undang yang
memungkinkan hukuman mati di Singapura dalam kasus pembunuhan tingkat pertama
dan perdagangan narkoba. Amnesty International mengkritik Singapura dan
dikatakan memiliki tingkat kemungkinan eksekusi per kapita tertinggi di dunia.
Pemerintah Singapura menanggapi dengan menegaskan itu merupakan hal sebagai
negara berdaulat untuk memberlakukan hukuman mati untuk pelanggaran serius.
2.3.3 Ekekutif/
Kabinet Singapura
Kabinet
membentuk kekuasaan eksekutif dan bertanggung jawab kepada parlemen. Kabinet
terdiri dari anggota parlemen dan dipimpin oleh seorang perdana menteri.
Perdana menteri merupakan kepala pemerintahan. Perdana menteri dipilih oleh
parlemen. Sedangkan anggota cabinet yang juga dikenal sebagai menteri diangkat
oleh presiden atas saran dari perdana menteri. Kabinet di Singapura secara kolektif
memutuskan kebijakan pemerintah dan memiliki pengaruh atas pembuatan hukum
dengan mengajukan rancangan.
Menteri di
Singapura adalah politisi dengan bayaran tertinggi di dunia. Pada tahun 2007
telah menerima kenaikan gaji sebesar 60%. Gaji Perdana Menteri Lee Hsien Loong
melonjak menjadi S$ 3.100.000, lima kali dari gaji yang diterima Presiden
Barrack Obama yakni US$ 400.000. Meskipun ada kemarahan publik mengenai gaji
yang tinggi dibandingkan dengan ukuran negara yang diatur, ini adalah sikap tegas
pemerintah bahwa kenaikan ini diperlukan untuk menjamin efisiensi lanjutan dan
status bebas korupsi dari pemerintahan “kelas dunia” Singapura. Pada tanggal 21
Mei 2011 setelah pemilihan umum 2011, Perdana Menteri mengumumkan bahwa sebuah
komite akan dibentuk untuk meninjau remunerasi politisi, dan gaji yang telah
direvisi akan berlaku sejak tanggal tersebut.
2.3.4 Legislatif/Parlemen
Singapura
Parlemen
Singapura adalah penguasa legislatif di Singapura dengan presiden sebagai
kepala. Sebelum merdeka pada tahun 1965 disebut sebagai Majelis Legislatif.
Saat ini parlemen terdiri dari 87 anggota parlemen dengan masa jabatan 5 tahun.
Setelah itu pemilihan umum harus diselenggarakan dalam waktu tiga bulan sebelum
pembubaran parlemen.
a) Proses Legislatif
Sebelum
undang-undang disahkan, pertama kali diperkenalkan di parlemen sebagai draft
(rancangan). Rancangan biasanya diperkenalkan oleh seorang menteri atas nama
kabinet, yang dikenal sebagai rancangan pemerintah. Namun, setiap anggota
parlemen dapat memperkenalkan rancangan. Semua rancangan harus melalui tiga
bacaan di parlemen dan menerima persetujuan presiden untuk menjadi
Undang-Undang Parlemen.
Setiap
rancangan berjalan melalui beberapa tahap sebelum menjadi undang-undang. Tahap
pertama adalah sebagai formalitas yang dikenal bacaan pertama, dimana ia
diperkenalkan tanpa perdebatan. Hal ini diikuti oleh pembacaan kedua, dimana
anggota dari parlemen berdebat pada prinsip-prinsip umum rancangan. Jika
parlemen menentang rancangan ini, mungkin rancangan ini akan ditolak.
Jika
rencana berjalan melalui pembacaan kedua, tagihan akan diperiksa setiap klausul
dalam rancangan. Anggota parlemen yang mendukung rancangan itu tetapi tidak
setuju dengan klausul tertentu dapat mengusulkan amandemen ketentuan tersebut
pada tahap ini. Setelah laporannya kembali ke parlemen, rancangan ini akan
melalui pembacaan ketiga dimana hanya terdapat perubahan kecil sebelum dilewatkan.
Sebagian
besar rancangan disahkan oleh parlemen yang diteliti oleh Dewan Kepresidenan
untuk Hak Minoritas yang membuat laporan kepada Ketua Parlemen yang menyatakan
apakah ada klausul dalam rancangan yang mempengaruhi setiap masyarakat berbagai
ras atau agama. Jika disetujui oleh dewan, racangan akan disajikan untuk
persetujuan presiden. Tahap terakhir melibatkan pemberian persetujuan oleh
presiden, sebelum rancangan resmi menjadi undang-undang.
b) Konstitusi Singapura
Konstitusi
Singapura adalah hukum tertinggi Singapura. Konstitusi tidak dapat diubah tanpa
dukungan dari lebih dari 2/3 dari anggota parlemen pada pembacaan kedua dan
ketiga. Presiden dapat meminta pendapat tentang isu-isu konstitusional dari
pengadilan yang terdiri tidak kurang dari tiga hakim Pengadilan Agung.
Bagian IV
konstitusi menjamin:
a)
Kebebasan
seseorang (terbatas)
b)
Pelarangan
perbudakan dan kerja paksa
c)
Perlindungan
yang sama
d)
Larangan
pembuangan dan kebebasan bergerak
e)
Kebebasan
berbicara, berkumpul, dan berserikat (terbatas)
f)
Kebebasan
beragama (terbatas)
g)
Hak
atas pendidikan
Bagian XII
konstitusi memungkinkan Parlemen Singapura untuk memberlakukan undang-undang
yang dirancang untuk menghentikan atau mencegah subversi. Undang-undang
tersebut berlaku bahkan jika itu tidak sesuai dengan bagian IV konstitusi. Internal Security Act (ISA) adalah
undang-undang di bawah ketentuan tersebut. Pada tahun 1966, Chia Thye Poh
ditahan di bawah ISA dan dipenjara selama 23 tahun tanpa pengadilan. Setelah
itu, ia ditempatkan dalam kondisi tahanan rumah selama sembilan tahun.
c) Presiden Singapura
Sebelum
tahun 1991, presiden adalah kepala negara yang ditunjuk oleh parlemen. Sebagai
hasil dari perubahan konstitusi pada tahun 1991, presiden sekarang dipilih
langsung oleh suara rakyat dengan masa jabatan 6 tahun. Syarat-syarat untuk
menjadi calon Presiden Singapura adalah:
a)
Merupakan
warga negara Singapura
b)
Berusia
45 tahun ke atas pada hari nominas
c)
Terdaftar
sebagai pemilih terdaftar saat pemilihan
d)
Merupakan
penduduk Singapura pada hari nominasi dan telah menjadi penduduk Singapura
selama tidak kurang dari 10 tahun
e)
Tidak
memenuhi salah satu diskualifikasi dalam pasal 45 Undang-Undang Dasar Republik
Singapura
f)
Bukan
anggota salah satu partai politik pada tanggal pencalonannya untuk pemilihan
g)
Telah
menjabat untuk jangka waktu tidak kurang dari 3 tahun di posisi senioritas dan
tanggung jawab di sektor publik atau swasta seperti: Hakim Agung, Pembicara,
Jaksa Agung, Ketua Komisi Pelayanan Publik, Auditor Umum, Akuntan Jenderal,
atau Sekretaris Tetap; sebagai ketua atau kepala eksekutif dari dewan resmi
negara seperti yang tercantum pada pasal 22A Konstitusi Republik Singapura,
sebagai ketua dewan direksi atau CEO sebuah perusahaan yang didirikan atau
didaftarkan berdasarkan Companies Act
(Pasal 50) dengan modal disetor minimal $100 juta atau setara dengan uang
asing, atau dalam posisi senioritas lainnya yang sama atau sebanding. Hal
tersebut dianggap telah memberi pengalaman dan kemampuan dalam mengatur dan
mengelola urusan keuangan untuk memungkinkan dia untuk melaksanakan secara
efektif fungsi dan tugas dari Presiden.
2.3.5 Yudikatif
Kekuasaan
Yudikatif di Singapura dipegang oleh Mahkamah Agung serta pengadilan bawahan
Konstitusi Singapura. Mahkamah agung terdiri dari Pengadilan Banding dan
Pengadilan Tinggi. Pengadilan Banding mengurus banding pidana dan perdata,
sedangkan Pengadilan Tinggi mengurus pidana dan yurisdiksi sipil. Ketua hakim,
hakim banding, komisaris yudisial, dan hakim pengadilan tinggi ditunjuk oleh
presiden dari calon yang direkomendasikan oleh perdana menteri. Perdana menteri
harus berkonsultasi dengan ketua mahkamah agung sebelum merekomendasikan hakim.
2.3.6 Pemilihan dan Partai Politik
di Singapura
Pemilihan
umum diwajibkan di Singapura sejak 1959. Usia pemilih yang sah adalah 21 tahun.
Departemen Pemilihan Singapura bertanggung jawab atas perencanaan, persiapan,
dan pelaksanan pemilihan baik pemilihan presiden, parlemen, dan setiap
referendum nasional di Singapura. Departemen ini berada di bawah Perdana
Menteri. [3]
Singapura
memiliki sistem multi partai dengan 23 partai politik yang terdaftar. Namun
dalam Pemilu 2 Januari 1997 tercatat hanya 6 partai politik yang mengikuti
pemilu untuk memilih anggota parlemen yaitu:
a)
People’s Action Party (PAP).
b)
Singapore Democratic Party (SDP).
c)
Worker’s Party (WP) .
d)
Singapore People’s Party (SPP) .
e)
National Solidarity Party (NSP) .
f)
Democratic Progressive Party (DPP)[4]
2.4
SISTEM
EKONOMI
Pulau
Singapura menjadi negara maju, sejak pulau yang dulu bernama Temasek ini
dijadikan sebuah pos perdagangan , pulau ini menjadi salah satu pelabuhan
terpenting di dunia. Campur tangan Kerajaan Inggris di semenanjung Melayu
selama tahun 1920an, mentransformasi Melayu menjadi produsen utama karet dan
timah. Karet dan timah diekspor dari pulau Singapura. Hingga akhir abad ke-19
Singapura merupakan pusat administrasi bagi Malaya sampai kemudian Kuala Lumpur
telah dinyatakan sebagai ibu kota Singapura. Pada tahun 1934, pemerintah
Inggris mencabut kontrol hegemoni dari East
India Company dan rute perdagangan menjadi mudah ditembus. Hal ini
dimungkinkan oleh perjanjian yang tidak
adil pada tahun 1842. Perjanjian yang tidak adil adalah istilah umum
untuk berbagai jenis perjanjian yang ditandatangani oleh sejumlah negara Asia
Timur seperti Cina, Jepang dan Korea dengan kekuasaan barat selama awal abad
ke-20. Pada saat itu dalam sejarah negara Asia tidak dapat menahan tekanan
militer yang dikenakan kepada mereka oleh kekuasaan asing seperti perjanjian
yang tidak adil yang ditandatangani oleh negara-negara Asia yang mengalami
kegagalan militer.
Singapura
memiliki sebuah pasar ekonomi yang maju dan terbuka, dengan PDB per kapita
kelima tertinggi di dunia. Bidang ekspor, perindustrian dan jasa merupakan hal
yang penting dalam ekonomi Singapura. Pemerintah Singapura berhasil menetapkan
simpanan uang yang tinggi dengan memperkenalkan sistem penyimpanan uang yang
wajib kepada para pekerja. Singapura juga memperbaiki dan meningkatkan
pendidikan dan teknologi. Era globalisasi yang terjadi pada saat ini
menyebabkan Singapura lebih perhatian kepada usaha untuk menjadikan negara
tersebut sebagai sebuah pusat keuangan dan teknologi dalam kawasan Asia.
Adanya
krisis yang terjadi di dunia menjadikan singapura sebagai negara pertama di
Asia yang masuk ke jurang resesi akibat merosotnya ekspor karena krisis ekonomi
global. Singapura termasuk lima negara dari 10 negara di Asia Tenggara yang
mengalami kontraksi ketika krisis ekonomi global. Empat negara lainnya yang
mengalami kontraksi adalah Brunei Darussalam, Kamboja, Malaysia, dan Thailand.
Kuatnya pertumbuhan ekonomi Singapura menunjukkan pulihnya permintaan barang
dari Amerika Serikat (AS). Bangkitnya ekonomi Singapura juga merupakan pertanda
Asia memimpin pemulihan ekonomi global. Negara kota yang mengandalkan sektor
perdagangan,
2.4.1
Ekonomi di Singapura
Ekonomi
Singapura sangat ramah bisnis dan dianggap sebagai yang terbaik sebagai pusat
keuangan. Ada ribuan karyawan memberikan keunggulan hasil yang sama di
perusahaan-perusahaan multinasional yang membawa Singapura pada peta global.
Dasar ekonomi pasar dikembangkan sangat baik dan sangat didukung oleh barang
ekspor dan impor. Singapura telah dihormati oleh persatuan-perusahaan dan masuk
dalam daftar Empat macan Asia yang mengatur pasar di Asia bersama dengan Hong
Kong, Korea Selatan dan Taiwan. Produk pabrik canggih dengan definisi tinggi
adalah penopang utama ekonomi Singapura. Industri manufaktur di seluruh bidang
elektronik, teknik kimia, pengilangan minyak bumi, mechanical engineering dan
ilmu lainnya di negara yang mengembangkan kecanggihan tekhnologi di Singapura.
Manufaktur menyumbang hampir 26% terhadap GDP negara dan memproduksi 10% dari
produk kue wafer di dunia.
Singapura
memiliki salah satu pelabuhan tersibuk di dunia dan dihormati karena mempunyai
pusat perdagangan foreign exchange
(penukaran mata uang asing) terbesar keempat ketika diurutkan setelah pusat
keuangan seperti London, Tokyo dan New York. Singapura juga mempekerjakan
ribuan tenaga ahli dari seluruh dunia sehingga menjadi majikan global juga.
Karena saat ini resesi global, Singapura juga terpengaruh sehingga GDP
berkurang cukup besar. Tetapi, pemerintah bertujuan untuk merevitalisasi
perekonomian Singapura dan mengatur kembali Singapura pada kemakmurannya
setelah resesi. Singapura memiliki 14 perjanjian perdagangan bilateral dan
multilateral di seluruh dunia dengan negara-negara seperti India, Cina, Asia,
Korea, Eropa, Yordania, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan, Panama, Peru,
Korea Selatan, Chili dan Amerika Serikat.
2.4.2
Ekonomi Baru Singapura
Untuk
membuat Singapura menjadi pusat komersial dan wisatawan pemerintah telah
melegalkan perjudian dan dua kasino telah dibangun di Marina dan Sentosa
Selatan pada tahun 2005. Bangunan-bangunan milik negara dan komersial akan
diterangi setelah diumumkan oleh pemerintah untuk membuat penampilan pulau
secara estetika lebih menawan dibandingkan dengan negara-negara lain seperti
Bangkok, Hong Kong, Shanghai dan Tokyo. Singapura merayakan masakannya setiap
tahun dalam festival makanan Singapura. Tidak perlu diragukan bahwa jenis
makanan yang ditawarkan dari suatu negara juga penting bagi wisatawan yang
dapat beradaptasi dengan perubahan namun tidak sepenuhnya cita rasa mereka
berubah ketika mencoba produk makanan. Singapura membanggakan berbagai masakan
yang cocok dan memenuhi selera perorangan dan semua. Kembali ke Atas.
2.4.3 Perkembangan
Perekonomian dan Perdagangan Singapura
a) Total perdagangan
Singapura dengan Dunia
bulan November 2015
sebesar S$ 70,23
miliar, turun sebesar
9,29% dibanding bulan
Oktober 2015 yang
tercatat sebesar S$ 77,42
miliar. Sementara itu, total
perdagangan Singapura pada
periode Januari-November 2015
mencapai S$ 813,33 miliar,
turun 10,03% bila
dibandingkan dengan periode yang sama
tahun 2014, yang tercatat sebesar S$ 903,96 miliar.
b) Total ekspor
Singapura pada bulan
November 2015 adalah
S$ 37,86 miliar,
turun 10,78% dibandingkan
Oktober 2015, yang mencapai S$ 42,44 miliar. Sementara itu, ekspor Singapura pada periode
Januari-November 2015 adalah S$ 438,65 miliar, turun 8,10% dibandingkan dengan
periode yang sama tahun 2014. Total impor
Singapura pada bulan
November 2015 adalah S$
32,37 miliar, atau turun sebesar
7,48% apabila dibandingkan dengan bulan
Oktober tahun 2015.
Sementara itu, impor
Singapura untuk periode Januari-November 2015
mencapai S$ 374,68
miliar, turun sebesar 12,18% dibandingkan dengan periode
yang sama tahun 2014.
c) Neraca perdagangan Singapura
pada bulan November
2015 mencatat surplus S$
5,49 miliar lebih
kecil dibandingkan dengan
surplus bulan sebelumnya
yang mencapai S$ 7,92 miliar, dan
pada periode Januari-November 2015
mencatat surplus sebesar S$ 63,97 miliar, atau meningkat sebesar 26,22%.
d) Pada bulan
November 2015 ekspor
Singapura terbesar ditujukan
ke China dengan nilai
sebesar S$ 6,43
miliar, atau sebesar
16,04% dari total ekspor
Singapura ke Dunia. Secara
berurutan, negara tujuan
ekspor Singapura adalah
Hongkong S$ 4,39 miliar, (pangsanya sebesar
11,60%); Malaysia S$ 3,98
miliar, (pangsanya sebesar
10,52%); Indonesia S$
3,03 miliar, (pangsanya
sebesar 8,01%), dan
Amerika Serikat S$
2,24 miliar, (pangsanya
sebesar 5,91%). Untuk
ke-5 negara utama
tujuan ekspor Singapura
semuanya mengalami penurunan
bila dibandingkan bulan sebelumnya dengan tingkat penurunan
sebesar 4%-19%.
e) Negara asal
impor Singapura terbesar
bulan November 2015
adalah China, yang
nilainya mencapai S$ 4,97 miliar,
atau 15,36% dari total impor Singapura dari Dunia. Negara
asal terbesar kedua,
adalah Amerika Serikat
dengan nilai impor
S$ 3,89 miliar, atau 12,02%
dari total impor
Singapura dari Dunia.
Impor dari Malaysia
sebesar S$ 3,62
miliar, atau 11,19%
dari total impor
Singapura dari Dunia Taiwan sebesar S$ 2,78 miliar, atau
8,60% dari total
impor Singapura dari
Dunia, serta Jepang S$ 2,01
miliar, atau 6,20% dari total impor Singapura dari Dunia. Adapun Indonesia
berada diperingkat ketujuh
sebagai Negara pengimpor
utama di Singapura dengan nilai S$ 1,37 miliar dengan
share sebesar 4,24%.
2.4.4 Perkembangan Perdagangan Bilateral Singapura
dengan Indonesia
1) Total perdagangan Indonesia
dengan Singapura pada
bulan November 2015 sebesar
S$ 4,4 miliar,
turun sebesar 13,18%
dibanding bulan Oktober
2015, yang tercatat
S$ 5,07 miliar.
Untuk periode Januari-November 2015
sebesar S$ 54,35 miliar, turun 18,71% dibanding periode
yang sama tahun 2014, yang tercatat S$
66,86 miliar.
2) Neraca perdagangan
Indonesia-Singapura periode Januari-November 2015
tercatat defisit bagi Indonesia
sebesar S$ 17,85
miliar, turun 22,22%
dibanding defisit pada periode
yang sama tahun
2014. Defisit neraca
perdagangan, disebabkan impor Indonesia dari
Singapura mencapai S$
36,1 miliar, sedangkan
ekspor Indonesia ke Singapura
hanya sebesar S$
18,25 miliar. Pada
bulan November 2015,
Indonesia merupakan negara tujuan ekspor terbesar ke-4 bagi Singapura, dengan pangsa 8,01%,
juga merupakan negara asal impor terbesar ke-7 dengan pangsa 4,24%.
2.4.5
Perkembangan Ekonomi Singapura Kuartal Keempat Tahun 2015.
Berdasarkan perkiraan awal, perekonomian Singapura
meningkat sebesar 2,0% y-o-y pada
kuartal ke-4 tahun 2015, sedikit lebih cepat dari peningkatan sebesar 1,8% pada
kuartal sebelumnya. Berdasarkan
q-o-q sa tahunan,
perekonomian Singapura meningkat
lebih cepat yaitu 5,7% dari 1,7% pada kuartal sebelumnya. Untuk
keseluruhan tahun 2015,
perekonomian Singapura meningkat
sebesar 2,1%. Peningkatan tersebut sesuai dengan perkiraan
MTI mengenai peningkatan GDP yaitu “mendekati 2,0%”. Sektor manufaktur menurun sebesar 6,0%
berdasarkan basis y-o-y pada kuartal ke-4,
melanjutkan penurunan sebesar
5,9% pada kuartal
sebelumnya. Sektor tersebut
dibebani oleh penurunan
ouput dari eletronik,
tehnik transportasi dan tehnik presisi.
Berdasarkan basis q-o-q,
sektor tersebut mengalami
penurunan rata-rata per
tahun 3,1%, mengikuti penurunan sebesar 3,5% pada kuartal sebelumnya.
Sektor konstruksi meningkat sebesar 2,2% berdasarkan y-o-y basis pada kuartal
ke-4, sebuah kemajuan dari peningkatan yang tercatat pada kuartal sebelumnya
yaitu 1,1%.
Peningkatan
tersebut didukung oleh
peningkatan aktivitas sektor
konstruksi umum. Berdasarkan
q-o-q sa tahunan,
sektor tersebut meningkat
7,0%, terbalik dengan penurunan sebesar 4,9% pada kuartal
sebelumnya. Peningkatan pada
industri penyedia jasa
adalah 3,2% y-o-y
pada kuartal ke-4, menurun sedikit dari peningkatan 3,4%
pada kuartal sebelumnya. Peningkatan tersebut didukung terutama oleh sektor perdagangan
grosir, eceran dan keuangan & asuransi. Berdasarkan basis q-o-q industri
jasa meningkat sebesar 6,5% setiap tahunnya, sebuah kemajuan dari peningkatan sebesar 2,9% pada
kuartal sebelumnya.
Penerapan Larangan Point of Sale Display (POSD) Produk Rokok Tahun 2017. Pemerintah
Singapura akan menerapkan
kebijakan larangan Point
of Sale Display (POSD) produk
rokok tahun 2017
yang usulannya akan
segera disampaikan ke parlemen
pada awal tahun
2016 melalui amandemen Tobacco
Act (Control and advertisements and Sale). Kebijakna
POSD ini telah diperkenalkan pada tahun 2013 dan telah
terjadi 14 kali
dialog antara Kementerian
Kesehatan dengan stake
holder seperti retailers, orang
tua dan professional
kesehatan sejak program
tersebut digulirkan.Kebijakna
ini melarang retailer
untuk mendisplay produk
rokok kepada konsumen, dan produk
rokok tersebut harus tetap berada dalam rak atau kotak yang tertutup atau di tempat yang tidak bisa
dilihat maupun diakses oleh konsumen. Retailer hanya dapat
menampilkan harga produk
rokok yang dijual
kepada konsumen dan itupun
jika diminta oleh
konsumen. Oleh karena
itu para retailer
diberikan waktu penyesuaian (grace period)
selama satu tahun
untuk dapat menyesuaikan
dengan kebijakan yang baru ini.
Beberapa studi menunjukkan bahwa display of rokok
memberikan pengaruh yang kuat
terhadap promosi rokok
sehingga dapat mempengaruhi
non-smoker untuk
mencoba merokok, meskipun menurut
penelitian di Singapura tingkat merokok menurun dari 18.3 persen
tahun 1992 menjadi
13.3 persen tahun
2013, tetapi tingkat
merokok terhadap anak muda
tetap tinggi bahkan
terhadap perempuan trendnya
merangkak naik.
2.5.KORUPSI DI SINGAPURA
Singapura
telah dikutip oleh banyak orang sebagai negara yang paling sedikit korupsi. Ini
adalah pernyataan langsung atas kredibilitas dari berbagai sektor yang
beroperasi di Singapura yang membuatnya sebagai pusat komersial. Undang-undang mereka
sama dengan India Inggris dan undang-undang Inggris tetapi pemerintah telah
mengambil perwakilan dan memutuskan untuk tidak mengikuti peraturan demokrasi
liberal tertentu. Kebebasan berbicara dibatasi, tidak ada yang boleh menyakiti
secara fisik atau lisan atas kehormatan dan martabat individu yang lain. Ini
adalah kekuatan dalam rezim demokrasi mereka karena ditetapkan oleh konvensi
tertentu namun memelihara kemajuan mereka sendiri dengan cara mencabut prosedur
hukum dari persidangan juri. Menjadi masyarakat dengan berbagai ras dan beragam
masyarakat maka pemerintah Singapura telah melakukan intervensi dalam urusan
publik dalam masyarakat untuk memastikan hanya terjadi kecelakaan yang minimal.
Kejanggalan tidak ditoleransi di Singapura dan dalam tingkat tertentu hukuman
mati diperbolehkan untuk kasus pembunuhan dan perdagangan narkoba. Pemerintah
menyatakan diri berdaulat dalam mengambil keputusan di depan peradilan; mereka
mematuhi aturan-aturan tertentu dalam demokrasi liberal tetapi pemerintah bisa
menyimpang dari aturan tersebut, sepanjang dan ketika diperlukan, biasanya
untuk pelanggaran pidana yang serius.
2.6. INDUSTRI MEDIA SINGAPURA
Sekitar
40.000 orang bekerja di sektor media di Singapura. Media di pulau ini
dikembangkan dengan sangat baik termasuk penerbitan, percetakan, penyiaran,
film, musik, digital dan TI (tekhnologi Informasi). Industri Media
berkontribusi 1,56% terhadap GDP di Singapura dan perluasan dari industri media
memainkan peran penting di Singapura dan dapat memperluas Singapura sebagai
pusat media utama di wilayah ASEAN. Pemerintah berusaha untuk meningkatkan
pembangunan media untuk mendirikan Singapura sebagai pusat media. Media lokal
secara langsung di bawah kontrol pemerintah melalui proses berbagi saham dan
investasi di sektor media. [5]
2.7.SISTEM
PENDIDIKAN SINGAPURA
Sistem
pendidikan Singapura bertujuan untuk menyediakan pengetahuan dasar dan agama
bagi murid-murid. Untuk menyatukan keberagaman
karasteristik perbedaan ras dan budaya di Singapura, keberagaman bahasa,
setiap siswa belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa keseharian. Siswa juga belajar
Bahasa Ibu mereka (China,
Malaysia dan Tamil/ Thailand) untuk membantu mereka mempertahankan identitas, budaya, warisan, dan nilai-nilai
bangsa.
Pendidikan
formal di Singapura dimulai dari jenjang Kindergar
ten School atau setara dengan Taman Kanak-Kanak (TK) di Indonesia. Setelah lulus Kindergarten
School, siswa melanjutkan ke
jenjang Primary School atau setara
dengan Sekolah Dasar (SD) di Indonesia
selama enam tahun. Untuk menuju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, siswa
siswa harus mengikuti Primary School
Leaving Examination (PSLE). Kemudian
pendidikan dilanjutkan ke jenjang Secondary School selama empat atau lima
tahun. Secondary School dibagi menjadi empat jalur. Special/ Express Course, Normal (Academic) Course,
Normal (Technical) Course, dan
Integrated Programme (IP) Course. Special/ Express Course
adalah empat tahun endidikan yang diakhiri dengan Singapore Cambridge General Certificate of Education (GCE) ‘O’ Level Examination.
Di jalur
ini, siswa mempelajari Bahasa Inggris dan Bahasa Ibu, Matematika, Sains dan
Budaya (Sosial). Sekolah diijinkan untuk menawarkan Applied Grade Subject(AGS) sebagai tambahan
atau pengganti kurikulum untuk
menawarkan berbagai pilihan kepada siswa. AGS secara umum mengajak murid
untuk berlatih atau berorientasi pada
pendidikan seperti politeknik. Normal
(Academic) Course adalah empat tahun pendidikan untuk menuju GCE ‘N’ Level Examinations. Siswa terpilih boleh
mengikuti dua pelajaran ‘O’ Leve ls atau
mengikuti ‘N’ Levelsdi Secondary. Kemudian diadakan satu tahun
tambahan untuk mempersiapkan ‘O’ Levels
di Secondary. Siswa mempelajari hal
yang sama dengan Special/ Express Course.
Normal (Technical) Course adalah lima
tahun pendidikan yang diakhiri dengan GCE ‘N’ Level Examination. Di jalur ini,
para siswa belajar Bahasa Inggris, Bahasa Ibu, Matematika, dan mata pelajaran
praktik maupun teknik.
Sejak
2005, sekolah juga menawarkan modul pilihan diantaranya yaitu mata
pelajaran Keperawatan, Rumah Sakit,
Animasi Digital dan Teknik Mesin untuk
meningkatkan pemahaman berorientasi praktek dan pengalaman. Perubahan kurikulum
normal (technical) course yang
menitikberatkan pada pemahaman/ pembelajaran uang berorientasi praktek telah
diimplementasikan pada seluruh sekolah sejak 2007. Pengajaran juga terfokus
pada kerja kelompok, presentasi, aktifitas menulis dan kreatifitas. Integrated Programme (IP) Course
didesain untuk para siswa yang pasti akan menempuh tingkat universitas. IP
merupakan gabungan dari Seconday School
dan Junior College sekaligus tanpa
ujian nasional di pertengahan IP (GCE ‘O’
Level). Menjelang GCE ‘O’ Level
Examinations, waktu yang seharusnya digunakan untuk mempersiapkan siswa menuju GCE ‘O’ Level Examinations dialihkan
untuk memperluas pengalaman mereka.
Sekolah pilihan juga menawarkan kurikulum alternatif dan berkualitas seperti, international baccal laureate. Setelah
melewati GCE ‘O’ Level, pendidikan dilanjutkan ke jenjang Junior Colleges, yaitu jenjang
persiapan untuk menghadapi GCE ‘A’ Level untuk menuju University selama 2 tahun. Setelah
melewati GCE ‘A’ Level pendidikan
dilanjutkan ke jenjang terakhir, yaitu jenjang University.
2.7.1 Singapura Sebagai Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di ASEAN.
Kemajuan
pendidikan di Singapura didukung oleh banyak faktor. Diantaranya yaitu adanya
fasilitas yang memadai. Contohnya, setiap sekolah di Singapura memiliki akses internet bebas. Setiap sekolah juga
memiliki web sekolah yang berguna untuk menghubungkan siswa, guru, dan
orangtua.. Selain itu,di setiap kelas terdapat Liquid Crystal Display (LCD) untuk proses pembelajaran. Fasilitas
lainnya yaitu tersedianya sistem transportasi yang memiliki akses ke semua
sekolah di Singapura yang memudahkan siswa untuk menuju ke sekolahnya.
Faktor
biaya juga sangat mempengaruhi
kualitas pendidikan. Karena jika biaya
sekolah murah, setiap orang di negara
tersebut dapat mengenyam pendidikan dengan mudah. Di Singapura, biaya
pendidikan disesuaikan dengan kemampuan rakyat, ditambah lagi dengan beasiswa
bagi rakyat yang kurang beruntung. Faktor lain yang menyebabkan Singapura
menjadi negara dengan sistem pendidikan
terbaik di ASEAN adalah faktor pendidik.
Proses penyaringan untuk menjadi guru sangat ketat dan calon guru yang diterima
disesuaikan dengan jumlah guru yang diperlukan, sehingga semua calon guru tersebut pasti akan mendapatkan
pekerjaan. Setelah teraudisi, para calon
guru diberi pelatihan sebelum bekerja, sehingga guru-guru sudah mendapatkan
pembekalan sebelumnya. Selain itu, gaji yang diberikan untuk guru-guru di
Singapura juga banyak. Hal itu menyebabkan kehidupan guru-guru terjamin
kesejahteraannya.[6]
2.8.
SINGAPURA
DAN ASEAN
2.8.1 Peran Penting Singapura Dalam Regional Monetary Kawasan ASEAN
Kawasan Asia Tenggara adalah rumah dimana Singapura
memajukan perekonomian. Sebagai bagian dari kawasan yang berkembang pesat,
Singapura menyadari bahwa keaktifan dirinya akan memberikan
keuntungan-keuntungan dalam menunjang pembangunan dan liberalisasi yang
dilakukannya. Kemudian sebagai negara kecil, posisi politiknya dapat semankin
ditingkatkan bila Singapura mempunyai kekuatan tersendiri dalam hubungan
diplomasi berupa kemampuan ekonomi. Kerjasama Ekonomi ASEAN sudah dimulai sejak
ASEAN dibentuk karena ASEAN berupaya menghindarkan isu-isu rawan seperti
politik. Sebagai negara yang mengutamakan perdagangan, Singapura selalu
terlibat dalam kerjasama ekonomi kawasan utama ini.
Setelah ASEAN terbentuk tahun 1967 , diadakan
beberapa ASEAN Ministerial Meeting
(AMM) yang isinya membahas kerjasama sektoral seperti makanan, pengapalan dan
pariwisata. Pertemuan-pertemuan ini sebenarnya telah membahas masalah ekonomi
terutama di dalam masalah perdagangan yang lebih bebas antara anggota-anggota,
tetapi tidak secara spesifik menyebutkan perlunya kerjasama yang lebih erat.
Pada tahun 1972 AMM ke lima diadakan di Singapura dan tercetus ide mengenai
perlunya kerjasama regional untuk isu industrialisasi dan liberalisasi. Ini
disampaikan oleh perwakilan dari PBB yang di kenal dengan Robinson Report. Pada
bulan februari 1977, para menteri luar negeri ASEAN menandatangangani
pembentukan PTA di Manila. PTA merupakan suatu mekanisme untuk
meliberalisasikan perdagangan intra ASEAN dan merupakan suatu mekanisme yang
dapat diterima negara-negara anggota pada saat itu. Terbentuknya PTA menandakan
sudah ada satu keinginan untuk mengadakan liberalisasi dari negara-negara
sekawasan.
Singapura sendiri sebagai negara yang melaksanakan
liberalisasi dan bersifat terbuka lebih dahulu, menginginkan arus perdagangan
yang lebih luas dari negara-negara ASEAN. Pada tahun 1979 Singapura telah
menurunkan tarif hingga mencapai antara 0-10%. Penurunan tarif Singapura
setelah PTA dilakukan karena
1.
Singapura harus melakukan keterbukaan
untuk kepentingan ekonominya
- Karena
peranannya sebagai pintu pelabuhan di Asia Tenggara berarti banyak
melibatkan perdagangan internasional.
Setelah berlangsung namun PTA tidak berjalan dengan
baik disebabkan karena negara-negara anggota(kecuali Singapura) tidak ingin
mengikut sertakan komoditas-komoditas tertentu dalam kerjasama ini. Setelah
terjadi resesi tahun 1985 danmelihat kondisi PTA, maka pada Manila Summit tahun
1987 muncul ajakan yang kuat untuk melakukan kerjasama ekonomi yang lebih
tinggi. Keinginan untuk mendirikan perdagangan bebas kemudian dihidupkan
kembali oleh PM Thailand Anand Panaryacum dan PM Singapura Goh Chock Tong pada
pada tahun 1991.[7]
Pada pertemuan menteri luar negeri di Kuala Lumpur juli 1991, proposal ini
diterima baik, dan mencapai kesepakatan mengenai pembentukan FTA di bulan
Oktober 1991. Secara formal AFTA dibentuk tahun1992 di Singapura bulan januari
1992.[8]
BAB
III
PENUTUP
3.1.
KESIMPULAN
Negara singapura
merupaka negara yang merdekka dari kedaulata Malaysia. Negara singappur meruupakan
negara demokrasi tetapi memiliki satu jenis artai yang mendominasi yakni PAP.
Singgappura merupakan negara yang memiliki sistem pemeintahan parlementer dan memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat
signifikan dibandingkan negara ASEAN lainnya yang memiliki sumber daya yang
melimpah. Singapura merupakn negara kecil yang memiliki sumber daya manusia dan
sistem pendidikan yang baik dan nomor satu ASEAN. Sehingga singapura mampu
menjadi ketua APEC. Singapura merupakan negara kecil yang mampu disegani dan
diperhitungkana dan sistem dunia internasional.
3.2. SARAN
Saran penulis
berdasarkan pada penjelasan diatas:
Bagi pemerintah
Indonesia yakni meskipun memiliki sumber daya alam yang berdaya jual tinggi
tetapi harus memprioritaskan pendidikan dalam mewujudkan negara yang makmur.
Singapura yang tidak memiliki sumber daya alam mampu excellent dari pada negara
anggota ASEAN lainnya meskipunn dia tidak memiliki sumber daya alam tetapi
karena sumber daya manusia yang menunjang maka dia berhasil mejadi sallah satu
negara maju yang mampu diperhitungkan.
DAFTAR PUSTAKA
Cipto
bambang, 2008. Hubungan Interansional
Asia Tenggara (Teropong Terhadap Dinamika, Realitas, Dan Masa Depan).
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Luhulima.C.P.F.
1997. ASEAN Menuju Postur Baru.
Jakarta: Center For Strategic And
International Studies.
https://hedisasrawan.blogspot.co.id/2014/01/sistem-pemerintahan-singapura-artikel.html
di unduh tgl 5 oktober 2017
http://ahmadmaulanablog.blogspot.co.id/2013/06/sistem-ekonomi-singapura.html
di unduh tgl 5 oktober 2017
https://binaizza.files.wordpress.com/2009/01/singapura-sebagai-negara-dengan-sistem-pendidikan-terbaik-di-asean.pdf di unduh
tgl 5 oktoober 2017
https://niasrs.wordpress.com/2015/01/26/peran-singapura-dalam-regionalisme-asia-tenggara/ di unduh tgl 5 oktober 2017
http://www.pikiran-rakyat.com/luar-negeri/2017/09/14/halimah-yacob-perempuan-pertama-yang-jadi-presiden-singapura-409385
di unduh 5 oktober 2017
http://kemlu.go.id/singapore/lc/Pages/Singapura.aspx
di unduh 4 oktober 2017
Komentar
Posting Komentar