Tugas kelompok II


“POLITIK DAN PEMERINTAHAN ASIA TENGGARA”

POLITIK DAN PEMERINTAHAN SINGAPURA


OLEH:

ICA CAHAYANI
SITTI NUR SHOLEHA
EGY DESTYANDARY
FITRIADI
AYU ANGGRAENI


JURUSAN HUBUNGAN INTERNASIOANAL
FAKULTAS ILMU SOSISAL DAN ILMU POLITIK
 UNIVERSITAS HALU OLEO
KENDARI
2017
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Politik dan pemerintahan Asia Tenggara merupakan salah satu mata kuliah yang mempelajari tentang sistem politik dan pemerintahan negara-negara Asia tenggara dan mencari alasan terbentuknya kawasan (Region of ASEAN). Dalam sebuah oragnisasi kawasan akan pasti adanya persamaan yang menyebabkan kawasan itu bia terbentuk juga mempunyai kepentingan. Singapura merupakan salah satu negara anggota ASEAN dan juuga merupkan negara pendiri ASEAN pada tahun 1967. Keterlibatan Singapura dalam kawasan ASEAN merupakan asset yang sangat besar bagi ASEAN meskipun singapura awalnya merupakan negara yang meiliki kosndisi yang sangat miskin, tidak memiliki sumber daya alam.
Dalam melihat prospek perkembangan singapura dan perannya yang sangat baik bahkan dia perah menajdi negara paling kaya dengan pendapatan tertinggi dunia menyaingi jepang, dan swiss. Negara singapura merupakan negara yang merdeka dari kedaulatan Malaysia. Singapura merupakan negara yang memiliki sistem politik dan pemerintahan yang berbeda dengan anggota ASEAN lainnya.

1.2 RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belankang diats maka muncul pertanyaan sebagai berikut:
1.      Bagaiamana sistem politik dan pemerintahan singapura?
2.      Bagaimana peran singapura dalam kawasan ASEAN?




1.3. TUJUAN
Sesuai dengan pertanyaan diatas maka tujuan di buat makalah ini sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui peran singapura dalam kemajuan kawasan ASEAN.
2.      Untuk mengetahui perbandingan perkembangan dengan negara ASEAN lainnya.























BAB II
PEMBAHASAN

2.1  PPROFIL SINGAPUR SECARA SINGKAT
Singapura adalah salah satu negara anggota ASEAN dan merupakan negara pulau yang terletak di ujung selatan Semenanjung Malaya. Negara yang merdeka pada tahun 1965 ini memiliki luas hanya sekitar 710  km²  (ke-187) dan berpenduduk lebih dari 5 juta orang, menjadikannya sebagai salah satu negara terpadat di dunia. Singapura telah berhasil menempatkan dirinya sebagai salah satu negara dengan perekonomian maju. Pada tahun 2010, Singapura memiliki PDB(KKB)  per kapita sebesar 52.839  dollar . Singapura adalah pusat keuangan terdepan keempat di dunia dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia. Dari sektor pariwisata, jumlah kedatangan total mencapai 10,2 juta orang  tahun 2007. Dasar perekonomian Singapura berbasis pada pilar kembar yakni manufaktur dan sektor pelayanan . Industri manufaktur di seluruh bidang eletronik, teknik kimia, engineering, serta biomedical manufacturing menyumbang hampir 24.3% dari total GDP Singapura pada tahun 2003. Selain itu di sektor pelayanannya, berorientasi pada perdagangan wholesale and retail, pelayanan keuangan, dan bisnis yang masing-masing berkontribusi hingga 13%, 10.5%, 13.5% dari total GDP tahun 2003 (Cahyadi et al. 2004, 8-22). Di sektor militer, meski ukurannya kecil, Singapura memiliki salah satu pasukan militer paling maju di Asia Tenggara.
Dalam kawasan ASEAN, singapura dapat menempati posisi Core State maupun Peiphery state tergantung dari berbagai perspektifnya. Jika dilihat dari perspektif ekonomi, singapura dapat dikategorikan sebagai Core State, mengingat  Singapura telah berhasil menempatkan dirinya sebagai salah satu negara dengan perekonomian paling maju di kawasan ASEAN yang notabene negara anggota lainnya masih merupakan negara berkembang. Dilihat dari perspektif Demokrasi, singapura dapat dikategorikan sebagai Periphery State karena pada kenyataannya singapura merupakan negara yang otoriter jika dilihat dari sistem hukumnya. Dilihat dari mayoritas penduduknya yang 74% adalah masyarakat yang ber etnis Tiongkok di tengah-tengah kawasan negara-negara ASEAN yang mayoritasnya adalah etnis melayu, singapura dapat dikategorikan sebagai Periphery state. Dari sektor militer, singapura memiliki angkatan militer yang paling maju se Asia Tenggara (berdasarkan kekuatan SDA, manusia, keuangan & geografi) maka singapura dapat dikategorikan sebagai Core State

2.2   SEJARAH POLITIK LUAR NEGERI
Singapura adalah sebuah negara kecil ditinjau dari ukuran geografi serta sumbr daya alamnya. Negara yang usianya relative baru ini berada di tengah negara-negara tetangga yang penduduknya mayoritas etnis melayu. Negara-kota ini mayoritas penduduknya adalah etnis China. Singapura dengan demikian senantiasa merasa dintara kawasan yang tidak menentu. Kondisi ini tidaklah menentukan konsepsi keamanan  nasional. Kemanan nasional singapura tidak dapat dilepaskan dari pertimbangan para penagmbil keputusan terhadap wilayah, stabilitas politik domestic, dan pertumbuhan ekonomi.
Kesatuan wilayah adalah persoalan paling mendasar para pemimpin singapura yang banyak didominasi oleh partai gerakan rakyat (PAP) mengingat asal usul kemerdekaan singapura. Sejakn 1965 singapura memisahkan diri dari Malaysia dan dalam waktu dua bulan dalam waktu di tahun yang sama menjadi anggota PBB. Sekalipun Malaysia tidak mengakui keberadaan singapura sebagai negara yang berdaulat.
Mentalitas membentuk dasar politik luar negeri singapura. Invansi Vietnam kamboja tentang kerasnya pemerintahan singapura. Singapura menghormati salah satu prinsip ASEAN untuk tidak mencampur urusan dalam negeri negara lain. sudah tentu perlu diingat bahwa invansi tersebut di dukung penuh oleh AS sehingga tidak mungkin singapura yang cukup dekat terpengaruhi  dengan itu. Rezim PAP memandang politik dalam negeri sebagai persoalan yang sangat mendasar bagi kelangsungan kehidupan negara kota Singapura. Perdana menteri singapura Lee Kuan Yew menjadikan PAP sebagai partai tunggal sebagai satu-satunya modal paling penting untuk mengendalikan politik domestic. Dengan demikian kelangsungan kehidupan politik singapura sangat ditentukan  oleh dominasi PAP dalam setiap pemilihan umum dari tahun 1959-1997. Di samping itu dominasi etnis china di Singapura. Membuat partai tunggal menjadi sangat penting. Bahkan jauh lebih penting dari demokrasi mengingat besarnya sentiment anti-cina di negara teteangga.
Unsur mendasar ketiga bagi kalangan singapura adalah pertumbuhan politik dan pembangunan ekonominya. Sebagai sebuah negara tidak memiliki sumber daya alam Singapura bahkan mengimpor air dari Malaysia. Dalam konteks ini Singapura benar-benar miskin. Untuk menjamin kelangsungan hidupnya perekonomian di arahkan untuk menguasai pasar luar negeri,menarik sebanyak mungkin investasi asing dan menciptakan tenaga terampil untuk mendukung potensi pasar. Focus pembangunan ekonomi dan perdagangan internasional dan dominasi etnis china memerlukan kebijakan yang tidak banyak mendapat perlawanan. Oleh karena itu singapura menutup pintu bagi partisipasi politik terbuka (sebagaimana di negara demokrasi maju) dan menindas oposisi agar pertumbuhan dan pembangunan ekonomi menjadi anadalan bagi kemajuan bangsa.
Para pengambil keputusan singapura memandang ada beberapa hal yang merupakan ancaman potensial bagi dasar-dasar keamanan negara. Ancaman sangat berpotensi menghalangi kelangsungan hidup negara kota. Sebagai negara kecil dan miskin sumber daya alam singapura di tuntut mmapu merinci dengan jelas bentuk-bentuk ancaman. Potensi utama di asumsikan akan dating dari lingkup geografi yang menempatkan singapura dalamnya. Indonesia dan Malaysia sebagai dua negara yang secara geografi jauh lebih besar dan didominasi etnis melayu yang senantiasa menimbulkan kekhawatiran bagi para pemimpin singapura. Mereka selau menyadari bahwa negaranya adalah negara kecil dan mayoritas penduduknya keturunan china. Perbedaan pendapat dengan Malaysia dan Indonesia silih berganti mewarnai hubungan singapura dengan kedua negara tetangganya. Kehadiran presiden Israel Chaim herzong ke singapura sampai menimbulkan protes rakyat Malaysia karena dianggap tidak peka terhadap kethatinan orang islam terhadap palestina.
Disamping itu para elit PAP kkhawatir dengan agresivitas Vietnam di Indo China. Kecenderungan berpikir tidak segera berhenti karena walaupun akhirnya konflik kamboja dapat terselesaikan karena kepergian uni soviet dari Cam Ranh Bay menimbulkan persoalan yakni apakah amerika akan kembali hadir di Asia Tenggara  di tengah paling ambisius. Kekhawatiran terhadap China membuat singapura terlambat membuka hubungan dengan China.
Sampai pada tahun 1980-an ancaman lain yang selalu menjadi perhatian para elit PAP adalah gerakan komunis terhadap Malaysia dan didukung oleh China. Ancaman ini mulai memudar sejak partai komunis Malaysia membubaran diri seiring dengan bubarnya uni soviet sebagai benteng komunis dunia. Komunsi menjadi tidak relevan bagi pengambil keputusan di Malaysian maupun singapura. Berakhirnya perang dingin diluar dugaan negara-negara ASEAN, membuka pintu bagi kemunculan isu-isu hak asasi manusia dan demokrasi yang dilancarkan Amerika. Kebijakan hak asasi manusia Amerika menimbulkan ancaman tersendiri bagi singapura yang memang tidak mungkin menghindarkan diri dari tuduhan tersebut karena PAP merupakan bentuk partai dominan. Disamping itu, singapura juga merupakan undang-undang keamanan dalam (Internal Security Act) yang memungkinkan pemerintah menyalagunakan kekuasaan demi kepentingan  rezim yang berkuasa. Potensi keamanan lain dalah perekonomian singapura yang tergantung pada perdagangan inteanasional,di samping bergantung pada pelanggaran interansional, disamping ketergantungan air pada Malaysia dan Indonesia. Sebagai negara miskin sumber daya alam singapura berusaha keras untuk dapat menjadi pemain inti dalam pemain inti dalam sistem perdagangan interansional.
Dalam bidang bidang keamanan singapura. Angkatan  Bersenjata(SAF)  Singapura merupakan lapisan pertama dari kebijakan keamanan singapura membangun angkatan bersenjata yang dapat mecapai kemenangan dalam waktu singkat. Untuk bidang persenjataan Singapura unggul dibandingkan denga negara anggota ASEAN lainnya sekalipun terbatasnya lahan untuk latihan militer Singapura harus bekerjasama dengan negara-negara tetangganya untuk latihan militer.
Untuk memperkuat posisi yang lemah secra fisik Singapura juga menjalin hubungan keamanan yang erat amerika yang diyakini Lee Kuan Yew sebagai negara ramah dan bersahabat. Oleh karena itu menjelang penutupan basis militer AS di philipina, singapura cerdik mendekati AS dan membuka peluang bagi semacam basis militer sederhana. Ketergantungan Singapura pada investasi perdagangan interansional menjadikan hubungan dengan negara tersebut sangat agresif dalam mengembangkan sayap ekonomi domestic dan interansional. Bahkan untuk memeperkuat sayap ekonominya, Singapura sangat agresif pula mendorong ASEAN Free Trade Area dan APEC. Kesungguhan singapura melebarkan sayap ekonomi internasionlnya di buktikan dengan menjadikan singapura sebagai kantor APEC. Berbagai uasaha yang dilakukan PAP menjadikan singapura sebagai negara paling makmur dibandingkan dengan negara anggota ASEAN lainnya. Tahun 1997 singapura menjadi negara terkaya ke empat di dunia setelah swiss, jepang dan norwegia.
Untuk mendorong keberhasilan ekonominya PAP mengurangi peluang peningkatan partiispasi politik warga. Oposisi ditekan secara sistematis, pegawai negeri sipil di koordinasi agar menjadi apolitisi dan mendukung penuh program-program pemerintah, semua kelompok sipil yang berada di luar pemerintah harus tunduk pada pemerintah. Sebagai gantinya pemerintah singapura menyediakan layanan jaminan yang sangat bagus bagi warga ngranya. Jadi walaupun hak-hak politiknya di batasi, pemerintah konsekuen menyediakan berbagai kebutuhan rakyat Singapura.[1]

2.1.1 Kebijankan Perdana Menteri Baru Dalam Sistem Polugri Singapura
Halimah Yacob  dilantik menjadi perempuan pertama yang dilantik menjadi Presiden Singapura di Istana, Rabu, 13 September 2017. Halimah juga orang Melayu pertama yang menduduki jabatan Presiden Singapura dalam 47 tahun terakhir. Beliau menjadi satu-satunya kandidat yang memenuhi syarat untuk pemilihan presiden tahun ini. Kantor Perdana Menteri Singapura mengumumkan, Halimah resmi dilantik sebagai Presiden Ke-8 Singapura.
Markas Besar Rakyat, pusat pencalonan yang ditunjuk untuk pemilihan, menjadi lautan oranye saat sekitar 1.000 anggota serikat pekerja, warga, dan pendukung yang mengenakan warna kampanyenya. Mereka berkumpul untuk mendukung Halimah menjadi presiden Melayu pertama di Singapura dalam 47 tahun terakhir.  Sebelum Halimah terpilih, Presiden Yusof Ishak adalah presiden pertama Singapura. Ia juga satu-satunya orang Melayu yang memegang jabatan tersebut sampai dia meninggal dunia pada 1970. Yusof adalah Presiden Singapura pada periode 1965 sampai 1970, tahun-tahun pertama kemerdekaan Singapura menyusul penyatuan yang berlangsung singkat dengan negara tetangga Malaysia. Namun, kekuasaan eksekutif pada saat itu terletak pada Lee Kuan Yew, perdana menteri pertama negara tersebut.
Pemisahan Singapura dari Malaysia menjadikan etnis Melayu sebagai ”mayoritas yang nyata” di Malaysia. Sementara etnis Tionghoa membentuk mayoritas di Singapura yang independen. Pemilu presiden tahun ini diperuntukkan bagi orang-orang Melayu dalam upaya memastikan perwakilan multiras. Ini setelah Parlemen Singapura beralih ke perubahan undang-undang pada skema Kepresidenan Terpilih,  Selain Halimah, dua calon lainnya chief executive Second Chance Properties Mohamed Salleh Marican dan Ketua Penyedia Jasa Kelautan Bourbon Offshore Asia Pacific.
Halimah mengatakan bahwa pemilihannya menunjukkan "betapa positifnya Singapura dalam menerapkan multirasialisme". Berikut Isi Pidato Halima:
"Saya berdiri di hadapan Anda sebagai presiden Melayu kedua dalam sejarah negara ini. Saya percaya bahwa ini adalah momen yang membanggakan bagi Singapura karena tumbuhnya multikulturalisme dan multirasialisme dalam masyarakat kita. Hal tersebut menunjukkan bahwa multirasialisme bukan sekadar slogan, tetapi sesuatu yang baik untuk kita katakan dan kita dengar. Berarti benar terjadi di masyarakat kita bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk (menempati) posisi tertinggi di negeri ini” Dia juga berbicara tentang posisinya sebagai presiden wanita pertama di Singapura. "Itu menunjukkan bahwa ini bukan hanya tokenisme, bahwa ketika kita membicarakan keragaman gender, kita tidak hanya meneriakkan slogan. [2]

2.3  SISTEM PEMERINTAHAN
Sistem pemerintahan Singapura adalah sistem demokrasi parlementer dengan model westminder. Bentuk negara Singapura adalah parlementer demokratis perwakilan republik. Kepala negara Singapura adalah Presiden. Pemerintahan dijalankan kabinet yang dipimpin oleh Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan. Singapura menjalankan sistem multi partai. Kekuasaan eksekutif dilaksanakan oleh kabinet. Kabinet memiliki kewenangan mengendalikan pemerintahan dan bertanggung jawab secara kolektif kepada Parlemen. Seperti kebanyakan negara di dunia saat ini, terdapat tiga cabang terpisah dari kekuasaan pemerintahan yaitu legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Namun, hal tersebut tidak berarti bahwa ada pemisahan kekuasaan di Singapura.

2.3.1 Sejarah Sistem Pemerintahan Singapura
Politik di Singapura telah didominasi oleh People’s Action Party (PAP) sejak pemilihan umum 1959 ketika Lee Kuan Yew menjadi perdana menteri pertama Singapura (ketika Singapura memiliki pemerintahan sendiri dalam Kerajaan Inggris). PAP telah menguasai pemerintahan dan memenangkan setiap pemilu sejak itu. Singapura meninggalkan Persemakmuran Inggris pada tahun 1963 untuk bergabung dengan Federasi Malaysia, namun diusir dari Federasi pada tahun 1965 setelah Lee Kuan Yew tidak setuju dengan pemerintah federal di Kuala Lumpur. Analisa dari politik luar negeri dan beberapa partai oposisi termasuk Workers’ Party of Singapore dan Singapore Democratic Party (SDP) berpendapat bahwa Singapura secara de facto merupakan negara dengan satu partai.
Economist Intelligence Unit mengklasifikasikan Singapura sebagai negara “hybrid”, dengan elemen otoriter dan demokratis. Freedon House tidak menganggap Singapura sebagai negara “demokrasi elektoral” dan mengkategorikan Singapura sebagai “tidak sepenuhnya bebas”. Reporters Without Borders menempatkan Singapura di peringkat 140 dari 167 negara dalam Indeks Kebebasan Pers 2005.
Hal tersebut membuat PAP dituduh telah memperkerjakan penyensor, persengkongkolan, dan mengajukan gugatan perdata terhadap oposisi atas pencemaran nama baik atau fitnah untuk menghambat keberhasilan mereka. Beberapa mantan dan anggota oposisi, seperti Francis Seow, JB Jeyaretnam, dan Chee Soon Juan menganggap pengadilan Singapura menguntungkan pemerintah dan PAP karena kurangnya pemisahan kekuasaan. Namun ada tiga kasus dimana pemimpin oposisi Chiam See Tong menggugat menteri PAP atas pencemaran nama baik.
Sistem pemerintahan di Singapura mirip dengan Inggris. Presiden ibaratkan ratu Inggris yang hanya sebagai jabatan seremonial (formalitas). Namun, presiden diberi kehormatan sebagai pemegang keputusan kunci di Singapura. Dalam sistem politik Singapura, perdana menteri adalah pemegang kekuasaan pemerintahan. Sama persis dengan apa yang terjadi pada sistem pemerintahan Inggris.

2.3.2 Iklim Politik Singapura
Meski dominan dalam kegiatannya, pemerintahannya bersih dan bebas korupsi. Singapura secara konsisten telah dinilai sebagai negara yang paling bersih dari korupsi di Asia dan masuk ke daftar sepuluh negara terbersih dari korupsi di dunia oleh Transparency International. Indikator pemerintahan Bank Dunia juga menilai baik Singapura dalam aturan hukum, pengendalian korupsi, dan efektivitas pemerintahan. Namun banyak yang menganggap bahwa Singapura kurang baik dalam hal proses politik, kebebasan sipil dan politik, serta hak asasi manusia yang kurang.
Meskipun hukum di Singapura diwariskan dari hukum Inggris, PAP secara konsisten menolak nilai-nilai demokrasi liberal yang identik dengan budaya Barat dan menyatakan bahwa tidak boleh ada solusi “satu ukuran memuat semuanya” untuk demokrasi. Hukum telah membatasi kebebasan berbicara yang dimaksudkan untuk melarang berbicara yang mungkin untuk berniat buruk atau menyebabkan ketidakharmonisan dalam masyarakat Singapura yang multi agama dan multi ras.
Sebagai contoh, pada bulan September 2005, tiga orang blogger dihukum karena komentar hasutan pada artikel rasis yang menargetkan minoritas. Beberapa pelanggaran dapat menyebabkan denda berat atau cambuk dan ada undang-undang yang memungkinkan hukuman mati di Singapura dalam kasus pembunuhan tingkat pertama dan perdagangan narkoba. Amnesty International mengkritik Singapura dan dikatakan memiliki tingkat kemungkinan eksekusi per kapita tertinggi di dunia. Pemerintah Singapura menanggapi dengan menegaskan itu merupakan hal sebagai negara berdaulat untuk memberlakukan hukuman mati untuk pelanggaran serius.


2.3.3 Ekekutif/ Kabinet Singapura
Kabinet membentuk kekuasaan eksekutif dan bertanggung jawab kepada parlemen. Kabinet terdiri dari anggota parlemen dan dipimpin oleh seorang perdana menteri. Perdana menteri merupakan kepala pemerintahan. Perdana menteri dipilih oleh parlemen. Sedangkan anggota cabinet yang juga dikenal sebagai menteri diangkat oleh presiden atas saran dari perdana menteri. Kabinet di Singapura secara kolektif memutuskan kebijakan pemerintah dan memiliki pengaruh atas pembuatan hukum dengan mengajukan rancangan.
Menteri di Singapura adalah politisi dengan bayaran tertinggi di dunia. Pada tahun 2007 telah menerima kenaikan gaji sebesar 60%. Gaji Perdana Menteri Lee Hsien Loong melonjak menjadi S$ 3.100.000, lima kali dari gaji yang diterima Presiden Barrack Obama yakni US$ 400.000. Meskipun ada kemarahan publik mengenai gaji yang tinggi dibandingkan dengan ukuran negara yang diatur, ini adalah sikap tegas pemerintah bahwa kenaikan ini diperlukan untuk menjamin efisiensi lanjutan dan status bebas korupsi dari pemerintahan “kelas dunia” Singapura. Pada tanggal 21 Mei 2011 setelah pemilihan umum 2011, Perdana Menteri mengumumkan bahwa sebuah komite akan dibentuk untuk meninjau remunerasi politisi, dan gaji yang telah direvisi akan berlaku sejak tanggal tersebut.

2.3.4 Legislatif/Parlemen Singapura
Parlemen Singapura adalah penguasa legislatif di Singapura dengan presiden sebagai kepala. Sebelum merdeka pada tahun 1965 disebut sebagai Majelis Legislatif. Saat ini parlemen terdiri dari 87 anggota parlemen dengan masa jabatan 5 tahun. Setelah itu pemilihan umum harus diselenggarakan dalam waktu tiga bulan sebelum pembubaran parlemen.

a)      Proses Legislatif
Sebelum undang-undang disahkan, pertama kali diperkenalkan di parlemen sebagai draft (rancangan). Rancangan biasanya diperkenalkan oleh seorang menteri atas nama kabinet, yang dikenal sebagai rancangan pemerintah. Namun, setiap anggota parlemen dapat memperkenalkan rancangan. Semua rancangan harus melalui tiga bacaan di parlemen dan menerima persetujuan presiden untuk menjadi Undang-Undang Parlemen.
Setiap rancangan berjalan melalui beberapa tahap sebelum menjadi undang-undang. Tahap pertama adalah sebagai formalitas yang dikenal bacaan pertama, dimana ia diperkenalkan tanpa perdebatan. Hal ini diikuti oleh pembacaan kedua, dimana anggota dari parlemen berdebat pada prinsip-prinsip umum rancangan. Jika parlemen menentang rancangan ini, mungkin rancangan ini akan ditolak.
Jika rencana berjalan melalui pembacaan kedua, tagihan akan diperiksa setiap klausul dalam rancangan. Anggota parlemen yang mendukung rancangan itu tetapi tidak setuju dengan klausul tertentu dapat mengusulkan amandemen ketentuan tersebut pada tahap ini. Setelah laporannya kembali ke parlemen, rancangan ini akan melalui pembacaan ketiga dimana hanya terdapat perubahan kecil sebelum dilewatkan.
Sebagian besar rancangan disahkan oleh parlemen yang diteliti oleh Dewan Kepresidenan untuk Hak Minoritas yang membuat laporan kepada Ketua Parlemen yang menyatakan apakah ada klausul dalam rancangan yang mempengaruhi setiap masyarakat berbagai ras atau agama. Jika disetujui oleh dewan, racangan akan disajikan untuk persetujuan presiden. Tahap terakhir melibatkan pemberian persetujuan oleh presiden, sebelum rancangan resmi menjadi undang-undang.

b)     Konstitusi Singapura
Konstitusi Singapura adalah hukum tertinggi Singapura. Konstitusi tidak dapat diubah tanpa dukungan dari lebih dari 2/3 dari anggota parlemen pada pembacaan kedua dan ketiga. Presiden dapat meminta pendapat tentang isu-isu konstitusional dari pengadilan yang terdiri tidak kurang dari tiga hakim Pengadilan Agung.
Bagian IV konstitusi menjamin:
a)      Kebebasan seseorang (terbatas)
b)      Pelarangan perbudakan dan kerja paksa
c)      Perlindungan yang sama
d)     Larangan pembuangan dan kebebasan bergerak
e)      Kebebasan berbicara, berkumpul, dan berserikat (terbatas)
f)       Kebebasan beragama (terbatas)
g)      Hak atas pendidikan
Bagian XII konstitusi memungkinkan Parlemen Singapura untuk memberlakukan undang-undang yang dirancang untuk menghentikan atau mencegah subversi. Undang-undang tersebut berlaku bahkan jika itu tidak sesuai dengan bagian IV konstitusi. Internal Security Act (ISA) adalah undang-undang di bawah ketentuan tersebut. Pada tahun 1966, Chia Thye Poh ditahan di bawah ISA dan dipenjara selama 23 tahun tanpa pengadilan. Setelah itu, ia ditempatkan dalam kondisi tahanan rumah selama sembilan tahun.

c)      Presiden Singapura
Sebelum tahun 1991, presiden adalah kepala negara yang ditunjuk oleh parlemen. Sebagai hasil dari perubahan konstitusi pada tahun 1991, presiden sekarang dipilih langsung oleh suara rakyat dengan masa jabatan 6 tahun. Syarat-syarat untuk menjadi calon Presiden Singapura adalah:
a)      Merupakan warga negara Singapura
b)      Berusia 45 tahun ke atas pada hari nominas
c)      Terdaftar sebagai pemilih terdaftar saat pemilihan
d)     Merupakan penduduk Singapura pada hari nominasi dan telah menjadi penduduk Singapura selama tidak kurang dari 10 tahun
e)      Tidak memenuhi salah satu diskualifikasi dalam pasal 45 Undang-Undang Dasar Republik Singapura
f)       Bukan anggota salah satu partai politik pada tanggal pencalonannya untuk pemilihan
g)      Telah menjabat untuk jangka waktu tidak kurang dari 3 tahun di posisi senioritas dan tanggung jawab di sektor publik atau swasta seperti: Hakim Agung, Pembicara, Jaksa Agung, Ketua Komisi Pelayanan Publik, Auditor Umum, Akuntan Jenderal, atau Sekretaris Tetap; sebagai ketua atau kepala eksekutif dari dewan resmi negara seperti yang tercantum pada pasal 22A Konstitusi Republik Singapura, sebagai ketua dewan direksi atau CEO sebuah perusahaan yang didirikan atau didaftarkan berdasarkan Companies Act (Pasal 50) dengan modal disetor minimal $100 juta atau setara dengan uang asing, atau dalam posisi senioritas lainnya yang sama atau sebanding. Hal tersebut dianggap telah memberi pengalaman dan kemampuan dalam mengatur dan mengelola urusan keuangan untuk memungkinkan dia untuk melaksanakan secara efektif fungsi dan tugas dari Presiden.

2.3.5 Yudikatif
Kekuasaan Yudikatif di Singapura dipegang oleh Mahkamah Agung serta pengadilan bawahan Konstitusi Singapura. Mahkamah agung terdiri dari Pengadilan Banding dan Pengadilan Tinggi. Pengadilan Banding mengurus banding pidana dan perdata, sedangkan Pengadilan Tinggi mengurus pidana dan yurisdiksi sipil. Ketua hakim, hakim banding, komisaris yudisial, dan hakim pengadilan tinggi ditunjuk oleh presiden dari calon yang direkomendasikan oleh perdana menteri. Perdana menteri harus berkonsultasi dengan ketua mahkamah agung sebelum merekomendasikan hakim.

2.3.6 Pemilihan dan Partai Politik di Singapura
Pemilihan umum diwajibkan di Singapura sejak 1959. Usia pemilih yang sah adalah 21 tahun. Departemen Pemilihan Singapura bertanggung jawab atas perencanaan, persiapan, dan pelaksanan pemilihan baik pemilihan presiden, parlemen, dan setiap referendum nasional di Singapura. Departemen ini berada di bawah Perdana Menteri. [3]
Singapura memiliki sistem multi partai dengan 23 partai politik yang terdaftar. Namun dalam Pemilu 2 Januari 1997 tercatat hanya 6 partai politik yang mengikuti pemilu untuk memilih anggota parlemen yaitu:
a)      People’s Action Party (PAP).
b)      Singapore Democratic Party (SDP).
c)      Worker’s Party (WP) .
d)     Singapore People’s Party (SPP) .
e)      National Solidarity Party (NSP) .
f)       Democratic Progressive Party (DPP)[4]

2.4  SISTEM EKONOMI

Pulau Singapura menjadi negara maju, sejak pulau yang dulu bernama Temasek ini dijadikan sebuah pos perdagangan , pulau ini menjadi salah satu pelabuhan terpenting di dunia. Campur tangan Kerajaan Inggris di semenanjung Melayu selama tahun 1920an, mentransformasi Melayu menjadi produsen utama karet dan timah. Karet dan timah diekspor dari pulau Singapura. Hingga akhir abad ke-19 Singapura merupakan pusat administrasi bagi Malaya sampai kemudian Kuala Lumpur telah dinyatakan sebagai ibu kota Singapura. Pada tahun 1934, pemerintah Inggris mencabut kontrol hegemoni dari East India Company dan rute perdagangan menjadi mudah ditembus. Hal ini dimungkinkan oleh perjanjian yang tidak  adil pada tahun 1842. Perjanjian yang tidak adil adalah istilah umum untuk berbagai jenis perjanjian yang ditandatangani oleh sejumlah negara Asia Timur seperti Cina, Jepang dan Korea dengan kekuasaan barat selama awal abad ke-20. Pada saat itu dalam sejarah negara Asia tidak dapat menahan tekanan militer yang dikenakan kepada mereka oleh kekuasaan asing seperti perjanjian yang tidak adil yang ditandatangani oleh negara-negara Asia yang mengalami kegagalan militer.
Singapura memiliki sebuah pasar ekonomi yang maju dan terbuka, dengan PDB per kapita kelima tertinggi di dunia. Bidang ekspor, perindustrian dan jasa merupakan hal yang penting dalam ekonomi Singapura. Pemerintah Singapura berhasil menetapkan simpanan uang yang tinggi dengan memperkenalkan sistem penyimpanan uang yang wajib kepada para pekerja. Singapura juga memperbaiki dan meningkatkan pendidikan dan teknologi. Era globalisasi yang terjadi pada saat ini menyebabkan Singapura lebih perhatian kepada usaha untuk menjadikan negara tersebut sebagai sebuah pusat keuangan dan teknologi dalam kawasan Asia.
Adanya krisis yang terjadi di dunia menjadikan singapura sebagai negara pertama di Asia yang masuk ke jurang resesi akibat merosotnya ekspor karena krisis ekonomi global. Singapura termasuk lima negara dari 10 negara di Asia Tenggara yang mengalami kontraksi ketika krisis ekonomi global. Empat negara lainnya yang mengalami kontraksi adalah Brunei Darussalam, Kamboja, Malaysia, dan Thailand. Kuatnya pertumbuhan ekonomi Singapura menunjukkan pulihnya permintaan barang dari Amerika Serikat (AS). Bangkitnya ekonomi Singapura juga merupakan pertanda Asia memimpin pemulihan ekonomi global. Negara kota yang mengandalkan sektor perdagangan,



2.4.1 Ekonomi di Singapura
Ekonomi Singapura sangat ramah bisnis dan dianggap sebagai yang terbaik sebagai pusat keuangan. Ada ribuan karyawan memberikan keunggulan hasil yang sama di perusahaan-perusahaan multinasional yang membawa Singapura pada peta global. Dasar ekonomi pasar dikembangkan sangat baik dan sangat didukung oleh barang ekspor dan impor. Singapura telah dihormati oleh persatuan-perusahaan dan masuk dalam daftar Empat macan Asia yang mengatur pasar di Asia bersama dengan Hong Kong, Korea Selatan dan Taiwan. Produk pabrik canggih dengan definisi tinggi adalah penopang utama ekonomi Singapura. Industri manufaktur di seluruh bidang elektronik, teknik kimia, pengilangan minyak bumi, mechanical engineering dan ilmu lainnya di negara yang mengembangkan kecanggihan tekhnologi di Singapura. Manufaktur menyumbang hampir 26% terhadap GDP negara dan memproduksi 10% dari produk kue wafer di dunia.
Singapura memiliki salah satu pelabuhan tersibuk di dunia dan dihormati karena mempunyai pusat perdagangan foreign exchange (penukaran mata uang asing) terbesar keempat ketika diurutkan setelah pusat keuangan seperti London, Tokyo dan New York. Singapura juga mempekerjakan ribuan tenaga ahli dari seluruh dunia sehingga menjadi majikan global juga. Karena saat ini resesi global, Singapura juga terpengaruh sehingga GDP berkurang cukup besar. Tetapi, pemerintah bertujuan untuk merevitalisasi perekonomian Singapura dan mengatur kembali Singapura pada kemakmurannya setelah resesi. Singapura memiliki 14 perjanjian perdagangan bilateral dan multilateral di seluruh dunia dengan negara-negara seperti India, Cina, Asia, Korea, Eropa, Yordania, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan, Panama, Peru, Korea Selatan, Chili dan Amerika Serikat.

2.4.2 Ekonomi Baru Singapura
Untuk membuat Singapura menjadi pusat komersial dan wisatawan pemerintah telah melegalkan perjudian dan dua kasino telah dibangun di Marina dan Sentosa Selatan pada tahun 2005. Bangunan-bangunan milik negara dan komersial akan diterangi setelah diumumkan oleh pemerintah untuk membuat penampilan pulau secara estetika lebih menawan dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Bangkok, Hong Kong, Shanghai dan Tokyo. Singapura merayakan masakannya setiap tahun dalam festival makanan Singapura. Tidak perlu diragukan bahwa jenis makanan yang ditawarkan dari suatu negara juga penting bagi wisatawan yang dapat beradaptasi dengan perubahan namun tidak sepenuhnya cita rasa mereka berubah ketika mencoba produk makanan. Singapura membanggakan berbagai masakan yang cocok dan memenuhi selera perorangan dan semua. Kembali ke Atas.

2.4.3 Perkembangan Perekonomian dan Perdagangan Singapura
a)      Total   perdagangan   Singapura    dengan   Dunia   bulan   November  2015   sebesar  S$  70,23  miliar,  turun  sebesar  9,29%  dibanding  bulan  Oktober  2015  yang  tercatat  sebesar S$ 77,42 miliar.   Sementara itu,  total  perdagangan  Singapura  pada  periode  Januari-November  2015  mencapai S$  813,33  miliar,  turun  10,03% bila dibandingkan  dengan periode yang sama tahun 2014, yang tercatat sebesar S$ 903,96 miliar.
b)      Total  ekspor  Singapura  pada  bulan  November  2015  adalah  S$  37,86  miliar,  turun  10,78%  dibandingkan  Oktober  2015, yang mencapai S$  42,44 miliar. Sementara itu,  ekspor Singapura pada periode Januari-November 2015 adalah S$ 438,65 miliar, turun 8,10% dibandingkan dengan periode yang sama tahun  2014.  Total impor  Singapura pada bulan  November  2015  adalah S$  32,37  miliar, atau turun  sebesar  7,48% apabila  dibandingkan  dengan  bulan  Oktober  tahun  2015.  Sementara  itu,  impor  Singapura untuk  periode  Januari-November  2015  mencapai  S$  374,68  miliar,  turun  sebesar 12,18% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2014.
c)      Neraca   perdagangan    Singapura   pada   bulan   November   2015  mencatat  surplus S$  5,49  miliar  lebih  kecil  dibandingkan  dengan  surplus  bulan  sebelumnya  yang mencapai S$ 7,92  miliar, dan pada periode  Januari-November  2015  mencatat surplus sebesar S$ 63,97 miliar, atau meningkat sebesar 26,22%.
d)     Pada  bulan  November  2015  ekspor  Singapura  terbesar  ditujukan  ke  China  dengan nilai  sebesar  S$  6,43  miliar,  atau  sebesar  16,04%  dari total  ekspor  Singapura  ke Dunia.   Secara   berurutan,    negara    tujuan    ekspor    Singapura    adalah    Hongkong  S$ 4,39  miliar, (pangsanya  sebesar  11,60%);  Malaysia  S$ 3,98  miliar,  (pangsanya  sebesar   10,52%);   Indonesia   S$  3,03  miliar,  (pangsanya  sebesar   8,01%),  dan  Amerika  Serikat  S$  2,24  miliar,  (pangsanya  sebesar   5,91%).  Untuk  ke-5  negara  utama  tujuan  ekspor  Singapura  semuanya  mengalami  penurunan  bila  dibandingkan  bulan sebelumnya dengan tingkat penurunan sebesar 4%-19%.
e)      Negara  asal  impor  Singapura  terbesar  bulan  November  2015  adalah  China,  yang  nilainya mencapai S$  4,97 miliar, atau 15,36% dari total impor Singapura dari Dunia.  Negara   asal    terbesar    kedua,    adalah    Amerika    Serikat   dengan    nilai    impor   S$ 3,89 miliar, atau 12,02%   dari   total   impor   Singapura   dari  Dunia.   Impor  dari  Malaysia    sebesar  S$  3,62  miliar,  atau    11,19%    dari    total    impor  Singapura  dari Dunia  Taiwan sebesar S$ 2,78 miliar,  atau  8,60%  dari  total  impor  Singapura  dari  Dunia,  serta Jepang S$ 2,01 miliar, atau 6,20% dari total impor Singapura dari Dunia. Adapun  Indonesia  berada  diperingkat  ketujuh  sebagai  Negara  pengimpor  utama  di  Singapura dengan nilai S$ 1,37 miliar dengan share sebesar 4,24%.
2.4.4  Perkembangan Perdagangan Bilateral Singapura dengan Indonesia
1)      Total    perdagangan    Indonesia    dengan    Singapura    pada    bulan  November  2015 sebesar  S$  4,4  miliar,  turun  sebesar  13,18%  dibanding  bulan  Oktober  2015,  yang  tercatat    S$  5,07    miliar.  Untuk  periode  Januari-November  2015  sebesar    S$  54,35 miliar, turun 18,71% dibanding periode yang sama tahun 2014, yang tercatat S$  66,86 miliar.
2)      Neraca  perdagangan  Indonesia-Singapura  periode  Januari-November  2015  tercatat defisit  bagi  Indonesia  sebesar  S$  17,85  miliar,  turun  22,22%  dibanding  defisit  pada periode  yang  sama  tahun  2014.  Defisit  neraca  perdagangan,  disebabkan  impor Indonesia  dari  Singapura  mencapai  S$  36,1  miliar,  sedangkan  ekspor  Indonesia  ke Singapura  hanya  sebesar  S$  18,25  miliar.  Pada  bulan  November  2015,  Indonesia merupakan negara tujuan ekspor terbesar ke-4  bagi Singapura, dengan pangsa  8,01%,  juga merupakan negara asal impor terbesar ke-7 dengan pangsa 4,24%.
2.4.5 Perkembangan Ekonomi Singapura Kuartal Keempat Tahun 2015.
Berdasarkan perkiraan awal, perekonomian Singapura meningkat sebesar 2,0% y-o-y  pada kuartal ke-4 tahun 2015, sedikit lebih cepat dari peningkatan sebesar 1,8% pada kuartal  sebelumnya.  Berdasarkan  q-o-q  sa  tahunan,  perekonomian  Singapura meningkat lebih cepat yaitu 5,7% dari 1,7% pada kuartal sebelumnya.  Untuk  keseluruhan  tahun  2015,  perekonomian  Singapura  meningkat  sebesar  2,1%.  Peningkatan tersebut sesuai dengan perkiraan MTI mengenai peningkatan GDP yaitu “mendekati 2,0%”.  Sektor manufaktur menurun sebesar 6,0% berdasarkan basis y-o-y pada kuartal ke-4,  melanjutkan  penurunan  sebesar  5,9%  pada  kuartal  sebelumnya.  Sektor  tersebut  dibebani  oleh  penurunan  ouput  dari  eletronik,  tehnik  transportasi  dan  tehnik  presisi.  Berdasarkan  basis  q-o-q,  sektor  tersebut  mengalami  penurunan  rata-rata  per  tahun 3,1%, mengikuti penurunan sebesar 3,5% pada kuartal sebelumnya. Sektor konstruksi meningkat sebesar 2,2% berdasarkan y-o-y basis pada kuartal ke-4, sebuah kemajuan dari peningkatan yang tercatat pada kuartal sebelumnya yaitu 1,1%.
Peningkatan  tersebut  didukung  oleh  peningkatan  aktivitas  sektor  konstruksi  umum.  Berdasarkan  q-o-q  sa  tahunan,  sektor  tersebut  meningkat  7,0%,  terbalik  dengan penurunan sebesar 4,9% pada kuartal sebelumnya.  Peningkatan  pada  industri  penyedia  jasa  adalah  3,2%  y-o-y  pada  kuartal  ke-4, menurun sedikit dari peningkatan 3,4% pada kuartal sebelumnya. Peningkatan tersebut didukung terutama oleh sektor perdagangan grosir, eceran dan keuangan & asuransi. Berdasarkan basis q-o-q industri jasa meningkat sebesar 6,5% setiap tahunnya, sebuah  kemajuan dari peningkatan sebesar 2,9% pada kuartal sebelumnya.
Penerapan Larangan Point of Sale Display (POSD) Produk Rokok Tahun 2017.  Pemerintah  Singapura  akan  menerapkan  kebijakan  larangan  Point  of  Sale  Display (POSD)  produk  rokok  tahun  2017  yang  usulannya  akan  segera  disampaikan  ke parlemen  pada  awal  tahun  2016  melalui  amandemen  Tobacco  Act  (Control  and advertisements and Sale). Kebijakna POSD ini telah diperkenalkan pada tahun 2013 dan  telah  terjadi  14  kali  dialog  antara  Kementerian  Kesehatan   dengan  stake  holder seperti  retailers,  orang  tua   dan  professional  kesehatan  sejak  program  tersebut digulirkan.Kebijakna  ini  melarang  retailer  untuk  mendisplay  produk  rokok  kepada konsumen, dan produk rokok tersebut harus tetap berada dalam rak atau kotak  yang tertutup atau di tempat yang tidak bisa dilihat maupun diakses oleh konsumen. Retailer hanya  dapat  menampilkan  harga  produk  rokok  yang  dijual  kepada  konsumen  dan itupun  jika  diminta  oleh  konsumen.  Oleh  karena  itu  para  retailer   diberikan  waktu penyesuaian  (grace  period)  selama  satu  tahun  untuk  dapat  menyesuaikan  dengan kebijakan yang baru ini.
Beberapa studi menunjukkan bahwa display of rokok memberikan pengaruh yang kuat  terhadap  promosi  rokok  sehingga  dapat  mempengaruhi  non-smoker  untuk  mencoba  merokok, meskipun menurut penelitian di Singapura tingkat merokok menurun dari 18.3  persen  tahun  1992  menjadi  13.3  persen   tahun  2013,  tetapi  tingkat  merokok terhadap  anak  muda  tetap  tinggi  bahkan  terhadap  perempuan  trendnya  merangkak naik. 

2.5.KORUPSI DI SINGAPURA
Singapura telah dikutip oleh banyak orang sebagai negara yang paling sedikit korupsi. Ini adalah pernyataan langsung atas kredibilitas dari berbagai sektor yang beroperasi di Singapura yang membuatnya sebagai pusat komersial. Undang-undang mereka sama dengan India Inggris dan undang-undang Inggris tetapi pemerintah telah mengambil perwakilan dan memutuskan untuk tidak mengikuti peraturan demokrasi liberal tertentu. Kebebasan berbicara dibatasi, tidak ada yang boleh menyakiti secara fisik atau lisan atas kehormatan dan martabat individu yang lain. Ini adalah kekuatan dalam rezim demokrasi mereka karena ditetapkan oleh konvensi tertentu namun memelihara kemajuan mereka sendiri dengan cara mencabut prosedur hukum dari persidangan juri. Menjadi masyarakat dengan berbagai ras dan beragam masyarakat maka pemerintah Singapura telah melakukan intervensi dalam urusan publik dalam masyarakat untuk memastikan hanya terjadi kecelakaan yang minimal. Kejanggalan tidak ditoleransi di Singapura dan dalam tingkat tertentu hukuman mati diperbolehkan untuk kasus pembunuhan dan perdagangan narkoba. Pemerintah menyatakan diri berdaulat dalam mengambil keputusan di depan peradilan; mereka mematuhi aturan-aturan tertentu dalam demokrasi liberal tetapi pemerintah bisa menyimpang dari aturan tersebut, sepanjang dan ketika diperlukan, biasanya untuk pelanggaran pidana yang serius.

2.6. INDUSTRI MEDIA SINGAPURA
Sekitar 40.000 orang bekerja di sektor media di Singapura. Media di pulau ini dikembangkan dengan sangat baik termasuk penerbitan, percetakan, penyiaran, film, musik, digital dan TI (tekhnologi Informasi). Industri Media berkontribusi 1,56% terhadap GDP di Singapura dan perluasan dari industri media memainkan peran penting di Singapura dan dapat memperluas Singapura sebagai pusat media utama di wilayah ASEAN. Pemerintah berusaha untuk meningkatkan pembangunan media untuk mendirikan Singapura sebagai pusat media. Media lokal secara langsung di bawah kontrol pemerintah melalui proses berbagi saham dan investasi di sektor media. [5]

2.7.SISTEM PENDIDIKAN SINGAPURA
Sistem pendidikan Singapura bertujuan untuk menyediakan pengetahuan dasar dan agama bagi murid-murid. Untuk menyatukan keberagaman  karasteristik perbedaan ras dan budaya di Singapura, keberagaman bahasa, setiap siswa  belajar Bahasa Inggris  sebagai bahasa keseharian. Siswa juga  belajar  Bahasa Ibu  mereka (China, Malaysia dan Tamil/ Thailand) untuk membantu mereka mempertahankan  identitas, budaya, warisan, dan nilai-nilai bangsa.
Pendidikan formal di Singapura dimulai dari jenjang Kindergar ten School atau setara dengan Taman Kanak-Kanak  (TK) di Indonesia. Setelah lulus  Kindergarten School, siswa  melanjutkan ke jenjang  Primary School atau setara dengan  Sekolah Dasar (SD) di Indonesia selama enam tahun. Untuk menuju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, siswa siswa harus mengikuti Primary School Leaving  Examination (PSLE). Kemudian pendidikan dilanjutkan ke jenjang  Secondary School selama empat atau lima tahun. Secondary School dibagi menjadi empat jalur.  Special/  Express Course, Normal (Academic) Course, Normal (Technical) Course, dan  Integrated Programme (IP) Course. Special/ Express Course adalah  empat tahun  endidikan yang diakhiri dengan Singapore Cambridge  General Certificate of Education (GCE) ‘O’ Level Examination.
Di jalur ini, siswa mempelajari Bahasa Inggris dan Bahasa Ibu, Matematika, Sains dan Budaya (Sosial). Sekolah diijinkan untuk menawarkan  Applied Grade Subject(AGS) sebagai tambahan atau pengganti kurikulum untuk  menawarkan berbagai pilihan kepada siswa. AGS secara umum mengajak murid untuk berlatih atau berorientasi pada  pendidikan seperti politeknik. Normal (Academic) Course adalah empat tahun pendidikan untuk menuju GCE ‘N’ Level Examinations. Siswa terpilih boleh mengikuti dua  pelajaran ‘O’ Leve ls atau mengikuti ‘N’ Levelsdi  Secondary. Kemudian diadakan satu tahun tambahan untuk mempersiapkan ‘O’ Levels di  Secondary. Siswa mempelajari hal yang sama dengan Special/ Express Course. Normal (Technical) Course adalah lima tahun  pendidikan yang diakhiri dengan GCE ‘N’ Level Examination. Di jalur ini, para siswa belajar Bahasa Inggris, Bahasa Ibu, Matematika, dan mata pelajaran praktik maupun  teknik.
Sejak 2005, sekolah juga menawarkan modul pilihan diantaranya yaitu mata pelajaran  Keperawatan, Rumah Sakit, Animasi Digital dan Teknik Mesin  untuk meningkatkan pemahaman berorientasi praktek dan pengalaman. Perubahan kurikulum normal (technical) course yang menitikberatkan pada pemahaman/ pembelajaran uang berorientasi praktek telah diimplementasikan pada seluruh sekolah sejak 2007. Pengajaran juga terfokus pada kerja kelompok, presentasi, aktifitas menulis dan kreatifitas. Integrated Programme (IP) Course didesain untuk para siswa yang pasti akan menempuh tingkat universitas. IP merupakan gabungan dari Seconday School dan Junior College sekaligus tanpa ujian nasional di pertengahan IP (GCE ‘O’ Level). Menjelang GCE ‘O’ Level Examinations, waktu yang seharusnya digunakan untuk mempersiapkan  siswa menuju GCE ‘O’  Level Examinations dialihkan untuk  memperluas pengalaman mereka. Sekolah pilihan juga menawarkan kurikulum alternatif dan berkualitas seperti, international baccal laureate. Setelah melewati GCE ‘O’ Level, pendidikan dilanjutkan ke jenjang Junior Colleges, yaitu jenjang  persiapan untuk menghadapi GCE ‘A’ Level untuk menuju University selama 2 tahun. Setelah melewati GCE ‘A’ Level pendidikan dilanjutkan ke jenjang terakhir, yaitu jenjang University.

2.7.1 Singapura Sebagai Negara dengan Sistem Pendidikan  Terbaik di ASEAN.
Kemajuan pendidikan di Singapura didukung oleh banyak faktor. Diantaranya yaitu adanya fasilitas yang memadai. Contohnya, setiap sekolah di Singapura memiliki  akses internet bebas. Setiap sekolah juga memiliki web sekolah yang berguna untuk menghubungkan siswa, guru, dan orangtua.. Selain itu,di setiap kelas terdapat Liquid Crystal Display (LCD) untuk proses pembelajaran. Fasilitas lainnya yaitu tersedianya sistem transportasi yang memiliki akses ke semua sekolah di Singapura yang memudahkan siswa untuk menuju ke sekolahnya.
Faktor biaya juga  sangat mempengaruhi kualitas  pendidikan. Karena jika biaya sekolah murah, setiap orang di  negara tersebut dapat mengenyam pendidikan dengan mudah. Di Singapura, biaya pendidikan disesuaikan dengan kemampuan rakyat, ditambah lagi dengan beasiswa bagi rakyat yang kurang beruntung. Faktor lain yang menyebabkan Singapura menjadi  negara dengan sistem pendidikan terbaik di ASEAN adalah  faktor pendidik. Proses penyaringan untuk menjadi guru sangat ketat dan calon guru yang diterima disesuaikan dengan jumlah guru yang diperlukan, sehingga semua calon guru  tersebut pasti akan mendapatkan pekerjaan.  Setelah teraudisi, para calon guru diberi pelatihan sebelum bekerja, sehingga guru-guru sudah mendapatkan pembekalan sebelumnya. Selain itu, gaji yang diberikan untuk guru-guru di Singapura juga banyak. Hal itu menyebabkan kehidupan guru-guru terjamin kesejahteraannya.[6]

2.8. SINGAPURA DAN ASEAN

2.8.1 Peran Penting Singapura Dalam Regional Monetary Kawasan ASEAN

Kawasan Asia Tenggara adalah rumah dimana Singapura memajukan perekonomian. Sebagai bagian dari kawasan yang berkembang pesat, Singapura menyadari bahwa keaktifan dirinya akan memberikan keuntungan-keuntungan dalam menunjang pembangunan dan liberalisasi yang dilakukannya. Kemudian sebagai negara kecil, posisi politiknya dapat semankin ditingkatkan bila Singapura mempunyai kekuatan tersendiri dalam hubungan diplomasi berupa kemampuan ekonomi. Kerjasama Ekonomi ASEAN sudah dimulai sejak ASEAN dibentuk karena ASEAN berupaya menghindarkan isu-isu rawan seperti politik. Sebagai negara yang  mengutamakan perdagangan, Singapura selalu terlibat dalam kerjasama ekonomi kawasan utama ini.
Setelah ASEAN terbentuk tahun 1967 , diadakan beberapa ASEAN Ministerial Meeting (AMM) yang isinya membahas kerjasama sektoral seperti makanan, pengapalan dan pariwisata. Pertemuan-pertemuan ini sebenarnya telah membahas masalah ekonomi terutama di dalam masalah perdagangan yang lebih bebas antara anggota-anggota, tetapi tidak secara spesifik menyebutkan perlunya kerjasama yang lebih erat. Pada tahun 1972 AMM ke lima diadakan di Singapura dan tercetus ide mengenai perlunya kerjasama regional untuk isu industrialisasi dan liberalisasi. Ini disampaikan oleh perwakilan dari PBB yang di kenal dengan Robinson Report. Pada bulan februari 1977, para menteri luar negeri ASEAN menandatangangani pembentukan PTA di Manila. PTA merupakan suatu mekanisme untuk meliberalisasikan perdagangan intra ASEAN dan merupakan suatu mekanisme yang dapat diterima negara-negara anggota pada saat itu. Terbentuknya PTA menandakan sudah ada satu keinginan untuk mengadakan liberalisasi dari negara-negara sekawasan.
Singapura sendiri sebagai negara yang melaksanakan liberalisasi dan bersifat terbuka lebih dahulu, menginginkan arus perdagangan yang lebih luas dari negara-negara ASEAN. Pada tahun 1979 Singapura telah menurunkan tarif hingga mencapai antara 0-10%. Penurunan tarif Singapura setelah PTA dilakukan karena
1.      Singapura harus melakukan keterbukaan untuk kepentingan ekonominya
  1. Karena peranannya sebagai pintu pelabuhan di Asia Tenggara berarti banyak melibatkan perdagangan internasional.
Setelah berlangsung namun PTA tidak berjalan dengan baik disebabkan karena negara-negara anggota(kecuali Singapura) tidak ingin mengikut sertakan komoditas-komoditas tertentu dalam kerjasama ini. Setelah terjadi resesi tahun 1985 danmelihat kondisi PTA, maka pada Manila Summit tahun 1987 muncul ajakan yang kuat untuk melakukan kerjasama ekonomi yang lebih tinggi. Keinginan untuk mendirikan perdagangan bebas kemudian dihidupkan kembali oleh PM Thailand Anand Panaryacum dan PM Singapura Goh Chock Tong pada pada tahun 1991.[7] Pada pertemuan menteri luar negeri di Kuala Lumpur juli 1991, proposal ini diterima baik, dan mencapai kesepakatan mengenai pembentukan FTA di bulan Oktober 1991. Secara formal AFTA dibentuk tahun1992 di Singapura bulan januari 1992.[8]





BAB III
 PENUTUP

3.1. KESIMPULAN
Negara singapura merupaka negara yang merdekka dari kedaulata Malaysia. Negara singappur meruupakan negara demokrasi tetapi memiliki satu jenis artai yang mendominasi yakni PAP. Singgappura merupakan negara yang memiliki sistem pemeintahan parlementer  dan memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat signifikan dibandingkan negara ASEAN lainnya yang memiliki sumber daya yang melimpah. Singapura merupakn negara kecil yang memiliki sumber daya manusia dan sistem pendidikan yang baik dan nomor satu ASEAN. Sehingga singapura mampu menjadi ketua APEC. Singapura merupakan negara kecil yang mampu disegani dan diperhitungkana dan sistem dunia internasional.

3.2. SARAN
Saran penulis berdasarkan pada penjelasan diatas:
Bagi pemerintah Indonesia yakni meskipun memiliki sumber daya alam yang berdaya jual tinggi tetapi harus memprioritaskan pendidikan dalam mewujudkan negara yang makmur. Singapura yang tidak memiliki sumber daya alam mampu excellent dari pada negara anggota ASEAN lainnya meskipunn dia tidak memiliki sumber daya alam tetapi karena sumber daya manusia yang menunjang maka dia berhasil mejadi sallah satu negara maju yang mampu diperhitungkan.







DAFTAR PUSTAKA

Cipto bambang, 2008. Hubungan Interansional Asia Tenggara (Teropong Terhadap Dinamika, Realitas, Dan Masa Depan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Luhulima.C.P.F. 1997. ASEAN Menuju Postur Baru. Jakarta: Center For Strategic And International Studies.






[1] Cipto bambang, 2008. Hubungan Interansional Asia Tenggara (Teropong Terhadap Dinamika, Realitas, Dan Masa Depan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hlm 130-138
[7] Luhulima.C.P.F. 1997. ASEAN Menuju Postur Baru. Jakarta: Center For Strategic And International Studies. Hlm 120

Komentar

Postingan populer dari blog ini

politik dan pemerintahan negara thailand

politik dan pemerintahan negara filipina

sistem politik dan pemerintahan timur leste